Macam Macam Minyak Wijen Yang Berkualitas Dan Sehat

Minyak wijen sangat banyak jenis dan merknya. Banyak orang bingung ingin mengkonsumsi yang ber-merk apa. Berikut ini macam-macam minyak wijen dengan kualitas yang baik.

Minyak Wijen

Minyak wijen merupakan minyak serbaguna yang sering digunakan pada masakan Asia, seperti menggoreng tempura, menumis, dan lainnya.

Dalam beberapa tahun belakangan, jumlah penggunanya semakin meningkat karena minyak wijen dinilai memiliki kandungan gizi yang tinggi serta bermanfaat bagi kesehatan dan diet.

Sesuai namanya, minyak wijen adalah minyak yang dibuat dengan mengolah biji wijen, lewat cara memeras dengan memberikan tekanan. Bisa juga menggunakan mesin press biji wijen.

Pada zaman dahulu, minyak ini diperkenalkan sebagai minyak goreng atau untuk menambahkan aroma pada masakan. Selain dapat dikonsumsi, minyak ini juga dapat digunakan sebagai minyak pijat, minyak rambut, dan sebagainya.

Karakteristik yang paling mencolok dari minyak wijen adalah rasa dan aromanya yang unik dan kuat untuk berbagai jenis hidangan.

Fakta bahwa minyak wijen memiliki manfaat kesehatan lebih tinggi ketimbang minyak lain semakin menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Karena itu, semakin banyak rumah tangga yang menggunakan minyak wijen dalam masakannya.

Khasiat Yang Terkandung Dalam Minyak Wijen

Minyak wijen mengandung kadar kolesterol yang rendah dalam darah sehingga efektif untuk mencegah obesitas dan arteriosklerosis.

Adanya asam linoleat, asam linolenat, dan vitamin E di dalamnya memiliki efek antioksidan yang tinggi, efektif untuk menjaga tubuh agar tetap awet muda.

Selain itu, di dalamnya juga kaya nutrisi seperti sesamin dan selenium. Kedua zat tersebut disebut mampu menekan pembentukan oksigen aktif dan efektif mencegah kanker.

Dengan nutrisi yang melimpah, minyak wijen tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit terkait gaya hidup, tetapi juga efektif dalam mengatasi mabuk dan mencegah stres.

Jika Anda berorientasi tinggi terhadap kesehatan, minyak wijen dapat dikatakan sebagai minyak yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Jenis-Jenis Produk Minyak Wijen

1. Minyak wijen ABC

Terbuat dari biji wijen asli dan diproses dengan teknologi modern, minyak wijen dari ABC ini  memiliki aroma yang sangat khas.

Dengan memakai minyak wijen ini dijamin masakanmu akan terasa lebih lezat dengan aroma yang menggugah selera.

Selain itu minyak wijen ini bisa dijadikan minyak pengganti untuk menggoreng masakanmu lho.

2. Chee Seng Pagoda

Minyak wijen asal Singapura ini memiliki kemasan dengan desain modern namun tidak meninggalkan kesan tradisionalnya.

Minyak ini dapat kamu pakai sebagai tambahan pada makanan berkuah, rebusan, hingga yang bergoreng. Dipercaya dapat membantu mengecilkan rahim dan meningkatkan produksi air susu.

3. Oh Guan Hing Cap Matahari

Memiliki kandungan vitamin E serta omega 3, omega 6, dan omega 9, dijamin minyak wijen ini dapat memenuhi nutrisi untuk kesehatan, selain itu memberikan rasa yang lebih nikmat untuk masakanmu seperti nasi goreng.

Produk ini juga telah tersertifikasi halal jadi kamu tak perlu khawatir untuk menggunakan produk ini ditiap masakanmu.

4. Lee Kum Kee Pure Sesame Oil

Diproses melalui pemanggangan dengan standard yang tinggi, minyak wijen ini memiliki rasa dan aroma yang khas.

Hanya dengan penggunaan beberapa tetes minyak, sudah dapat memberikan hasil yang dominan pada masakanmu.

Selain, itu minyak ini terbuat dari 100% biji wijen sehingga cocok untuk kamu yang vegetarian.

5. Green Tosca Sesame Oil

Terbuat dari biji wijen putih berkualitas, minyak ini mengandung senyawa berupa antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Adanya kandungan vitamin E pada minyak ini juga dapat membantu menekan tekanan darah dan kalsium untuk mencegah osteoporosis.

Selain itu minyak wijen ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

6. Minyak Wijen Garlic Al Khodry

Dibuat khusus secara tradisional dan alami, minyak wijen ini memiliki khasiat bagi tubuh kita. Kamu dapat langsung mengonsumsi minyak wijen ini dengan cara meminumnya.

Minyak wijen ini dapat mengembalikan stamina, memperbanyak asi saat sedang menyusui, dan juga mencegah penuaan dini. Konsumsi secara rutin 4 kali dalam sehari untuk hasil yang optimal.

7. Ottogi Sesame Oil

Produk buatan Korea ini dibuat dari biji wijen asli yang telah diproses melalui penyaringan hingga 3 kali sehingga menghasilkan minyak dengan kualitas terbaik.

Kandungan tokoferol pada minyak ini akan melindungi tubuhmu dari radikal bebas, serta kandungan karotennya dapat meminimalisir risiko penyakit jantung.

8. Kadoya Goma Abura

Memiliki titik didih yang tinggi, membuat minyak wijen ini mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh ganda sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Minyak ini dapat digunakan untuk menggoreng tanpa takut terkena kolesterol. Dengan melewati proses pemanggangan dan diekstraksi dengan hati-hati, dijamin minyak wijen ini merupakan hasil terbaik.

9. Organic Supply co.

Telah bersertfikat ACO (Australian Certified Organic), sesame oil ini memakai biji wijen organik berkualitas tinggi sehingga aman untuk digunakan pada kulit si kecil.

Minyak wijen ini kaya akan protein, asam linoleat, dan zinc yang dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Dengan pemakaian teratur, minyak wijen ini dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya bintik hitam, serta mengurangi tanda penuaan.

10. Hong Hien

Jika kamu memerlukan minyak wijen untuk menunjang usaha kulinermu, produk ini bisa menjadi solusinya dengan ukuran 1 liter dan dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Minyak wijen ini sangat ideal untuk memasak masakan dalam jumlah porsi yang cukup besar, diperkaya dengan vitamin dan omega membuat produk ini juga bagus untuk kesehatanmu.

Itulah beberapa merk minyak wijen yang bagus. Anda bisa menjumpainya atau membelinya di supermarket terdekat dan toko kelontong. macam-macam minyak wijen sangat banyak, dan banyak juga jenis” minyaknya.