Membuat Bakwan Jagung Yang Renyah

Di artikel kaini saya akan mebrerikan cara membuat bakwan jagung dengan sangat mudah dan renyah di bawah ini adalah salah kumpulan dari beberapa resep kami. Bakwan jagung dari beberapa yang sebenarnya tidak jauh dari bakwan pada umumnya yang berada di pinggir jalan , hanya saja di dalamnya lebih banyak mengandung jagung dari pada mengandung sayur sayuran lainnya, karena namanya memang namanya berasal dari bakwan jagung. Jika kalian makan, bakwan jagung akan sanggat terasa sedikit manis yang dihasilkan dari jagung manis itu sendiri.

Bakwan jagung biasanya sanggat menjadi cemilan saat kita sedang menonton atau bersantai,atau bermain bersama teman maupun keluarga selain dapat kalin membuat sendiri resep bakwan jagung, kita juga dapat membelinya toko toko dipinggir jalan.

Cara Membuat Bakwan Jagung

Saat waktu bulan puasa telah tiba seperti ini gorengan tetap akan menjadi makanan yang sangat populer untuk bersantap. Baik itu santap saat sahur, dengan camilan takjil, maupun digunakan lauk untuk teman makan nasi saat berbuka puasa. Dan salah satu gorengan yang biasa ditemui dipinggir jalan adalah bakwan jagung. Mungkin kalian bahkan penasaran dengan cara membuat bakwan jagung secara sendiri. Pasalnya gorengan ini memang sering sekali dijual di pasar takjil maupun inggir jalan.

Bakwan jagung adalah merupakan gorengan yang dibuat dari adonan jagung yang lumat atau paduan dari tepung terigu, jagung pipil, dan juga telur. Bumbunya pun sangat beragam, karena kadang juga ada yang menyajikan bakwan jagung ala jawa timur dengan bumbu pepak (rempah jawa lengkap).

Untuk kalian yang ingin membuat bakwan jagung sendiri dirumah, berikut ini beberapa resep sederhana yang bisa kalian praktikkan.

Di bawah ini adalah beberapa resep dan cara membuat bakwan jagung yang sanggat sederhana dengan bumbu-bumbu dasar. Agar lebih praktis, jagung hanya perlu disisir. Tak perlu kalian dihaluskan dengan blender atau diuleg sendiri.

Bahan:

  • 6 Sendok makan tepung terigu
  • 4 Buah jagung manis disisir
  • 2 Batang daun seledri dirajang halus
  • 6 Butir bawang merah dicincang halus
  • 7 Siung bawang putih dicincang halus
  • 5 Batang wortel kecil dicincang halus
  • 2 Batang daun bawang dirajang halus
  • 3 Sendok makan tepung beras
  • 4 Butir telur ayam
  • Garam secukupnya saja
  • Gula secukupnya saja
  • Air bersih secukupnya saja
  • Minyak goreng secukupnya saja

Cara membuat bakwan jagung :

  1. Campur semua bahan yang sudah dihaluskan, kemudian tuangi air bersih sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan sangat terlalu encer atau terlalu bantat.
  2. Bumbui semua adonan bakwan jagung dengan garam dan gula secukupnya saja.
  3. Ambil 2 sendok makan adonan, kemudian goreng di dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan.

macam – Macam Tepung Untuk Membuat Bakwan Jagung

1. Tepung Terigu

Dari sekian banyak jenis jenis dari tepung yang ada, tepung terigu adalah jenis jenis tepung yang paling sering digunakan untuk mengoreng bakwan. Contohnya adalah dalam pembuatan mie, roti, kue, dan juga gorengan

jagung Terbuat dari biji gandum dan memiliki tekstur yang sanggat kasar dan melekat di tangan jika kalian atau jagung terkena air. Ada beberapa jenis yaitu 3 jenis tepung terigu yang beredar di pasaran dan paling sering digunakan , yaitu tepung terigu dan juga mengandung protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.

Sesuai dengan masing-masing namanya tepung, tepung terigu protein yang sangat tinggi mengandung gluten yang paling banyak sedangkan tepung terigu lainya sanggat protein rendah mengandung yang paling sedikit gluten. Dari ketiga tepung tersebut tersebut memiliki macam-macam kegunaan.

Tepung terigu dengan protein tinggi dapat digunakan untuk membuat aneka jenis roti, sedangkan tepung terigu protein sedang digunakan untuk membuat kue bolu, kue kering, dan mie dan jenis lainya. Untuk tepung terigu protein yang memiliki rendah sering digunakan untuk membuat gorengan karena memiliki beberapa fungsinya yang bisa merenyahkan sebuah makanan dan termasuk juga kedalam di dalam resep bakwan jagung, kerenyahan dari bakwan jagung ini lah yang membuat olahan dari tepung terigu banyak disukai masyarakat ndonesia dan juga mengandung karbohidrat.

Tepung terigu memilki warna putih pucat pada tepung tersebut agak kekuningan, hindari tepung terigu yang memiliki warna putih bersih karena sudah mengalami proses pewarnaan (unbleached).

2. Tepung Tapioka

Tepung yang ini dibuat dari pati tumbuhan singkong. Dalam tepung ini sangat nyaris tidak mengandung protein. Tepung ini memiliki warna yang sanggat bening, kental dan yang memiliki bersifat agak lengket jika dipanaskan. Biasanya, tepung ini sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan maknan bakso, atau sering juga dijadikan pengental pada berbagai tumisan makana lainya, dapat juga menjadi kan beberapa bahan resep bakwan jagung juga. Berfungsi untuk mengenyalkan adonan, inilah alasan tepung ini lebih sering digunakan untuk membuat adona bakwan jagung. Tepung tapioka memiliki warna yang putih bersih sehingga seringkali kita semua mengira sebagai tepung sagu.

Padahal, teksturnya yang sanggat lebih licin daripada tepung sagu. Walau begitu, kegunaan tepung tapioka dan tepung sagu banyak kesamaan. Karena itulah, pada beberapa resep yang menggunakan tepung tepioka sebagai pengganti dari tepung sagu itu sendiri yang harganya lebih mahal.

Bagi kalian semua yang punya masalah intoleransi gluten,atau tepung tapioka bisa dijadikan beberapa alternatif atau pengganti untuk kalian karena sudah tersedia tepung tapioka bebas gluten yang dijual di pasaran terdekat. kalian juga bisa menggunakan tepung tapioka untuk berbagai kebutuhan lainya seperti membuat kue, mie, dan sebagainya.

Dari resep bakwan jagung diatas kita semua pati dapat mengetahui bahwa jagung dapat diolah menjadi berbagai makan makanan seperti bakwan, namun banyak juga kita temukan di pinggir jalan jagung rebus atau bakar yang memiliki beberapa rasanya tetap enak. Selain untuk dimasak jagung juga dapat dijadikan makanan ternak hewan hewan seperti sapi dll yang melalui proses penggilingan jagung menggunakan mesin penggiling jagung.

Demikian artikel ini saya dengan membahas cara membuat bakwan jagung sederhana. Sajikan bakwan dengan cocolan sambal yang super pedas atau sebagai lauk teman makan kalian dengan nasi.dan jangan lupa untuk melihat artikel saya sebelumya yaitu resep usus crispy yang dapat dijadikan altrnatif bisnis UMKM kalian. Dan sampai bertemu di artikel selanjutnya