Membuat Pasta Coklat Dari Coklat Batangan

Pada Artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara bagamana cara mebbuat selai coklat yang baik dan benar.

Chocolate Pasta merupakan salah satu olahan coklat yang banyak digunakan sebagai campuran untuk pembuatan roti maupun sebagai olesan. Pasta coklat sangat banyak dijual dengan berbagai merk. Proses yang satu ini tidak lepas dari rasa manis yang kental hingga rasa yang hampir pahit. Berikut berbagai olahan dan cara membuat pasta coklat yang bisa Anda tonton dan pelajari.

Pengertian Pasta Cokelat

Selai coklat adalah pasta coklat yang biasa digunakan untuk mengoleskan roti pada roti tawar dan roti tawar atau kue kering sejenis seperti wafel, pancake, muffin, dan pita. Pasta ini biasanya mengandung kakao dan minyak sayur dan / atau minyak kelapa, dan bisa juga mengandung tambahan susu, gula, dan perasa.

Jenis-jenis Coklat

Cokelat Couverture

Coklat terbuat dari biji kakao yang diolah menjadi pasta coklat (cocoa mass). Kemudian pasta coklat tersebut diolah lebih lanjut menjadi dua bagian yaitu cocoa butter dan cocoa powder. Couverture adalah sejenis coklat berkualitas tinggi. Cokelat ini dibuat dengan mentega kakao dan pasta cokelat, memberikan rasa cokelat terkuat dari semuanya

Cokelat couverture ada banyak jenisnya, yaitu pahit manis, semisweet, putih, dan susu. Harga coklat ini tergolong mahal dan jarang dipasarkan di Indonesia. Karena terbuat dari cocoa butter, couverture tidak tahan disimpan pada suhu ruangan. Cokelat ini memang mudah meleleh dan tekstur lelehannya lebih cair dibanding cokelat masak lainnya

Coklat Compound

Senyawa terbuat dari bubuk kakao dan lemak nabati. Bisa dibilang compound chocolate tidak sekaya couverture. Namun cokelat majemuk lebih terjangkau, lebih mudah diolah, dan dapat disimpan pada suhu kamar. Karenanya, coklat majemuk paling mudah ditemukan di supermarket dan toko kue di Indonesia. 3 jenis coklat majemuk.

Sebuah. Cokelat Masak Gelap
DCC atau cooking chocolate alias dark cooking chocolate mengandung produk biji kakao dengan komposisi yang lebih tinggi yaitu cocoa powder, sedikit cocoa butter, dan minyak sayur. Karena tidak ada tambahan gula atau susu, coklat yang dimasak cenderung pahit, kental, dan berwarna gelap. Bisa dicampur dalam adonan kue atau digunakan sebagai topping.

DCC yang sering digunakan di Indonesia adalah Colatta Dark Compound Chocolate. Cokelat ini warnanya sangat kental, memiliki rasa coklat yang kuat, dan hasil lelehannya mengkilat. Saat dicampurkan ke dalam adonan kue, kue akan berwarna coklat tua dan enak.

b. Susu coklat

Sesuai dengan namanya, coklat majemuk yang satu ini mengandung susu. Cokelat susu lebih ringan warnanya dibandingkan cokelat masak (cenderung cokelat muda), teksturnya lebih halus, dan rasanya lebih manis karena mengandung banyak gula. Cokelat susu ini lebih sering dimakan langsung daripada dimasak. Atau jika digunakan untuk memasak, maka dosis gula biasanya dikurangi.

c. Cokelat Putih (Cokelat Masak Putih)

Cokelat ini berwarna putih karena tidak menggunakan bubuk kakao seperti dua produk senyawa lainnya. Namun demikian, coklat putih tetap memiliki unsur coklat yaitu cocoa butter. Intinya, white chocolate terdiri dari cocoa butter, susu, gula, dan vanilla. Sama seperti DCC, coklat ini juga bisa dimasak atau dimakan langsung.

Pasta coklat adalah produk sampingan dari biji kakao yang sangat pahit. Untuk memasak pasta coklat biasanya merupakan ekstrak dari pasta coklat (cocoa mass). Pasta coklat yang dimasak adalah pasta coklat yang sudah melalui proses pabrik alias tidak asli dari biji kakao. Tekstur pasta coklat yang dimasak cenderung encer-agak kental. Biasanya coklat jenis ini digunakan untuk memberi aroma dan rasa pada kue, puding, dan berbagai makanan penutup lainnya

Chocolate Chips

Cokelat masak ini sering digunakan untuk kue kering, muffin, dan kue lainnya. Choco chips adalah coklat masak atau DCC yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil.

Cokelat ini bisa didapatkan di toko kue dengan dua jenis pilihan yaitu choco chips untuk masakan dan choco chips untuk topping. Keripik choco yang dimasak tentunya dibuat untuk mencampurkan bahan kue, agar teksturnya mudah meleleh. Sedangkan topping keripik choco memiliki tekstur yang lebih padat dan tahan panas

Meses

Meses memang salah satu topping coklat. Disebut juga beras coklat karena bentuknya seperti biji beras. Cokelat ini terbuat dari cokelat leleh, mentega kakao, gula, susu, dan lesitin. Meses sangat mudah ditemukan di supermarket. Nyatanya, tak hanya coklat, meses juga tersedia dalam versi warna-warni

Bubuk Coklat

Coklat bubuk terbuat dari biji kakao yang dikeringkan kemudian diolah menjadi bubuk. Jenis ini telah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kue atau seduhan sebagai minuman.

Cara Membuat Pasta Coklat

Bahan Yang Digunakan:

  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sachet susu kental manis (coklat/putih)
  • 3 sdm coklat bubuk
  • 1 sdm margarin
  • 5–6 sdm gula pasir
  • 1 sdt vanili
  • 250 ml air
  • mixer jika perlu

Cara Membuat:

  1. Masukkan semua bahan dalam panci kecuali margarin mengunakan mesin coklat.
  2. Lalu aduk rata hingga tidak ada terigu atau coklat bubuk yang menggumpal.
  3. Kemudian masak di atas kompor dengan api kecil sambil terus diaduk sampai meletup-letup dan bertekstur padat.
  4. Matikan api, lalu masukkan margarin, aduk cepat hingga tercampur.
  5. Angkat dan tunggu sampai dingin(masukkan kulkas agar lebih cepat dingin).
  6. Pasta siap dipakai.

Itu tadi beberapa Resep Cara membuat selai coklat dengan coklat batangan yang dapat kalian buat dirumah dan jadikan sebuat bisnis usaha dirumah kalian juga kalian berminat untuk menjalankan bisnis kuliner dan kami juga memiliki aresep alternatif lainya yaitu adalah resep usus crispy yang dapat kalian coba. Itu saya dari artikel kali ini bila ada kesalahan saya mohon maaf, sampai jumpa diartikel selanjutnya.