Apakah kalian mengetahui jika sabut kelapa memiliki banyak sekali manfaat terutama dikehidupan rumah tangga Indonesia. Banyak produk-produk rumah tangga fungsional yang dihasilkan dari serat sabut kelapa ini. Contohnya keset, pot, kasur, keranjang, sapu, tali tambang dan masih banyak lagi. Mengapa banyak sekali produk yang dihasilkan dari sabut kelapa? Bagaimana dengan kualitasnya? lalu apa lebih bagus daripada bahan sintetis yang lainnya? Yuk bersama-sama mengenal olahan sabut kelapa yang memiliki banyak manfaat!

Mengenal Serat Sabut Kelapa Supaya Lebih Paham!

Serat atau sabut yang banyak dipakai sebagai bahan dasar produk dari kelapa yaitu selimut bagian luarnya. Kelapa yang sudah selesai diolah ini biasanya akan menghasilkan serat-serat kelapa atau yang biasa disebut sebagai cocofiber dan juga sisaan olahan yang berupa serbuk atau disebut cocopeat.

Produk pokok yang dihasilkan dari kelapa ini yaitu sabut kelapa atau sering disebut sebagai cocofiber. Dari bahan dasar sabut kelapa ini akan menghasilkan banyak produk yang beragam dan bermanfaat. Di Indonesia ini, bahan sabut kelapa sudah banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan pupuk kompos organik dibanyak perkebunan.

Sudah banyak mesin canggih yang mendukung untuk proses peregangan dan mengolah serat sabut kelapa. Ketika batok kelapa sudah diolah menjadi serat sabut kelapa, prosesnya akan menghasilkan sisaan atau limbah berupa serbuk sabut kelapa atau yang sering disebut dengan cocopeat. Cocopeat sendiri sudah banyak dipakai untuk keperluan pupuk dibanyak perkebunan, contohnya digunakan untuk media tanam atau juga menjadi pupuk yang menunjang pertumbuhan tanaman.

Mengenal Olahan Sabut Kelapa yang Beragam

Banyak warga desa di Indonesia yang menjadi pengrajin produk olahan sabut kelapa ini sebagai mata pencaharian mereka sehari-hari. Kebutuhan manusia akan produk olahan sabut kelapa sendiri juga semakin meningkat seiring dengan majunya industri.

Contoh produk yang bisa dihasilkan seperti keset rumah, pot tanaman, sapu ijuk, tali tambang, pupuk tanaman dan cocomesh. Untuk cocomesh jaring sabut kelapa sendiri, sudah banyak dibutuhkan oleh para perusahaan tambang untuk mengatasi masalah kontur tanah yang rusak.

Cara pembuatan cocomesh jaring sabut kelapa ini juga terbilang mudah. Apabila anda sudah mahir dalam membuat cocomesh, anda dapat menjual cocomesh tersebut. Wah, bisa menambah cuan ya!

1. Mengenal Olahan Sabut Kelapa Keset

membuat pupuk organik sabut kelapa

Pastinya masih ada banyak rumah-rumah di Indonesia yang masih menggunakan keset rumah mereka dengan produk keset berbahan dasar serat sabut kelapa. Umumnya keset ini berfungsi untuk membersihkan telapak jika kita habis keluar rumah atau ketika basah.

Jika dilihat dari bahan pokoknya sendiri, bahan serat sabut kelapa yang mempunyai karakter lembut yang akan membuat kaki kita nyaman ketika memijak dan menggesekkan. Selain itu daya serap air yang tinggi maka sangat cocok ketika diletakkan di depan pintu toilet atau kamar mandi.

Dan untuk macam-macam ragam keset dari sabut kelapa, di Indonesia sendiri terdapat banyak ragam mulai dari bentuk yang unik hingga tulisan yang kreatif.

2. Mengenal Olahan Sabut Kelapa Sapu Ijuk

 pembuatan keset sabut kelapa

Pastinya ibu-ibu rumah tangga di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan produk olahan serat sabut kelapa yang satu ini. Ya benar sekali, Sapu ijuk yang terbuat dari serat sabut kelapa ini sudah banyak digunakan di Indonesia sejak zaman dahulu. Apalagi manfaat menggunakan sapu dari sabut kelapa ini juga banyak sekali, seperti lebih awet karena menggunakan bahan alami, lebih bersih karena lebih padat dan juga tidak menyerap bau.

Jadi, sapu ijuk berbahan baku serat sabut kelapa ini masih tetap menjadi pilihan sapu utama yang dianggap lebih efisien dan efektif. Apalagi jika di desa-desa yang masih tradisional, masyarakatnya lebih senang menggunakan sapu ini daripada menggunakan sapu sintetis.

Namun, di zaman seperti saat ini sudah banyak sekali produk sapu-sapu sintetis modern atau buatan yang mulai menggantikan keberadaan dari sapu ijuk sabut kelapa ini. Meskipun banyak sekali sapu-sapu sintetis yang mulai menggantikan keberadaan sapu ijuk sabut kelapa ini, msih banyak juga ibu rumah tangga di Indonesia yang lebih memilih menggunakan sapu ijuk serat sabut kelapa yang satu ini.

3. Membuat Pot Tanaman dari Sabut Kelapa

pembuatan keset sabut kelapa

Pot tanaman dari sabut kelapa atau cocopot ini adalah sebuah pot tanaman yang berbahan dasar sabut kelapa, media pot sabut kelapa ini juga bisa digunakan sebagai media tanam langsung. Menjadi pot tanaman dan juga sekaligus media tanam, sangat praktis bukan?

Cocopot atau pot tanaman sabut kelapa sangat bagus digunakan sebagai media substitusi untuk media tanam polibag. Bagi anda yang hobi bercocok tanam pasti akan memilih cocopot dengan bahan dasar sabut, mengingat ramah lingkungan dan praktis.

4. Membuat Tali Tambang Dari Sabut Kelapa

Apakah anda pernah belum main tarik tambang? Pasti pernah ya. Nah, tanpa anda sadari tali tambang yang digunakan saat permainan tarik tambang itu dianyam dari bahan dasar sabut kelapa. Tidak hanya talinya yang digunakan permainan tali tambang, tali sabut kelapa ini juga bisa menjadi tali untuk mengikat barang-barang berat karena sabut kelapa yang dibuat menjadi tali biasanya akan dibuat dengan proses yang memakai tali.

Tahapan pembuatan tali sabut kelapa ini biasanya menggunakan suatu mesin khusus untuk memintal, membentuk dan menganyam tali tambang kelapa. Karena dalam proses pembuatannya menggunakan mesin yang canggih dan efisien, maka tali yang dihasilkan akan kuat, kokoh dan juga lebih awet.

Karena banyak sekali kegiatan yang membutuhkan tali tambang, maka memproduksi tali dari sabut kelapa merupakan salah satu ladang bisnis yang banjir cuan. Tali tambang yang dibuat dari serat sabut kelapa ini juga sudah menjadi bahan dasar utama dari pembuatan cocomesh jaring sabut kelapa.

5. Pembuatan Coco Mesh atau Coco Net

Apakah kalian mengetahui cocomesh sabut kelapa itu apa? Gunanya untuk apa? Nah, jaring cocomesh ini merupakan salah satu produk olahan serat sabut kelapa yang berbentuk jaring-jaring (net) atau jala. Jaring-jaring ini akan dipintal dan dianyam dari tali tambang yang terbuat dari serat sabut kelapa pada poin sebelumnya.

Penggunaannya sendiri untuk diletakkan ke lereng-lereng tanah rawan longsor areal bekas tambang. Pertama, cocomesh mampu mencegah terjadinya erosi atau pengikisan tanah oleh air hujan atau angin. Hal ini dikarenakan serat sabut kelapa mempunyai karakter fisik yang kuat dan mampu menyerap air dengan daya yang luar biasa, sehingga air tidak mampu lagi mengikis tanah.

Yang kedua, cocomesh dapat diterapkan menjadi media tanam reboisasi atau tanam ulang areal gersang bekas tambang. Kandungan unsur kimia yang ada dalam serat sabut kelapa ini mampu mempercepat pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik dan optimal lagi.

Nah, setelah mengenal olahan sabut kelapa, anda pastinya sudah faham jika sabut kelapa ini mempunyai banyak sekali manfaatnya. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat!