Menjaga Keamanan Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel (Wi-Fi) telah sebabkan banyak orang jadi begitu mudah untuk pakai internet melalui perangkat komputer, smartphone, dan pill di mana saja.

Meski demikian, salah satu persoalan besar bersama dengan jaringan nirkabel adalah orang lain sanggup membuka internet pakai koneksi jaringan tersebut dengan menggunkan cisco meraki.
Kabar baiknya, ternyata tidak amat sukar untuk mengamankan jaringan nirkabel, sekaligus menghindar orang lain mengambil akses internet.

Berikut, beberapa hal sederhana yang sanggup ditunaikan untuk mengamankan jaringan nirkabel.

  1. Pengaturan Router

Sebagai pengguna utama, Anda kudu jelas bagaimana untuk membuka pengaturan router nirkabel. Kemudian, masukkan nama pengguna dan password yang benar untuk router. Hal ini berlainan untuk setiap router, jadi periksa dulu manual router yang ada.

  1. Buat Password

Setelah login, hal pertama yang kudu ditunaikan adalah membuat perubahan password bawaan router. Hal ini akan menghindar orang lain membuka router, sekaligus menjaga pengaturan keamanan yang diinginkan.

  1. Ubah Nama SSID Jaringan

SSID (atau nama jaringan nirkabel) dari Wireless Router umumnya pakai nama perangkat. Meskipun tidak akan sebabkan jaringan rentan, membuat perubahan nama SSID jaringan adalah inspirasi yang baik dikarenakan membuatnya lebih jelas bagi orang lain.

  1. Aktifkan Enskripsi Jaringan

Untuk menghindar perangkat lain pakai koneksi internet, dibutuhkan mengenkripsi isyarat nirkabel. Ada beberapa metode enkripsi untuk pengaturan nirkabel : WEP, WPA, dan WPA2. Enskripsi paling safe adalah WPA2.

  1. Filter Alamat MAC

Setiap perangkat elektronik khususnya computer dan gadget mempunyai MAC address (alamat MAC) yang unik. MAC address inilah yang didaftarkan terhadap perangkat router sehingga perangkat yang tidak didaftarkan, tidak sanggup tersambung bersama dengan router.