Tips Ringan Untuk Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tekanan darah merupakan salah satu parameter kesehatan yang harus terjaga kondisinya. Mengapa demikian ? Hal ini karena tekanan darah merupakan salah satu pemicu penyakit lain yang lebih berbahaya lagi seperti stroke dan juga serangan jantung. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, izinkan kami sedikit berbagi informasi mengenai tips menjaga tekanan darah tetap normal dengan beberapa cara yang simpel dan mudah. 

Cara Mudah Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

1. Ketahui Terus Berapa Tekanan Darah Anda

Apakah kita harus selalu ke dokter untuk melakukan cek tekanan darah ? Tentu tidak. Anda tidak harus pergi ke dokter hanya untuk melakukan cek tekanan darah, karena sekarang ini anda bisa membeli alat ukur tekanan darah digital yang dapat digunakan dengan mudah dan praktis. Anda bisa membelinya di toko online alat kesehatan seperti di toko fulki hasya. Dengan ini anda dapat selalu mengecek dan mengetahui kondisi tekanan darah anda. 

2. Rajin Berolah Raga

Olahraga merupakan satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan apabila dilakukan dengan cara yang tepat dan jadwal yang tepat. Bagaimana kita membiasakan diri untuk melakukan olahraga ? Mulailah dengan olahraga ringan seperti berjalan ringan, lari – lari kecil atau bersepeda keliling komplek rumah anda. Point penting dalam hal ini adalah, lakukan olahraga secara teratur hingga menjadi sebuah kebiasaan. 

3. Belajar Kendalikan Stress

Manusia hidup di dunia ini pasti selalu dihadapkan pada masalah, apapun juga. Namun demikian, masalah yang menimpa kita merupakan ujian yang akan membuat kita menjadi lebih tangguh lagi. Stress merupakan satu hal yang dapat memicu tekanan darah menjadi naik (hipertensi). Apabila kita pintar mengolah suasana hati kita sehingga dapat menenangkan diri akan sangat lebih baik untuk kondisi tekanan darah kita. 

4. Kendalikan Pola Makan Yang Sehat

Salah satu pemicu permasalahan kesehatan yang terjadi sekarang ini adalah pola makan yang tidak sehat. Minyak goreng, Junk Food, Makanan Instan, Gula, Garam merupakan bahan makanan yang dapat memicu penyakit termasuk hipertensi apabila cara mengkonsumsinya berlebihan. Oleh sebab itu, gantilah pola makan anda dengan pola makan sehat yaitu dengan memperbanyak makan buah dan sayur. 

5. Mimum Obat Teratur

Apabila anda memiliki faktor resiko atau telah menderita tekanan darah tinggi. Maka rutinkah ke dokter untuk meminta obat. Konsumsilah obat tersebut secara teratur dan tetaplah melakukan point satu hingga point empat seperti yang sudah kita bahas diatas. Ingat, obat yang diberikan dokter tidak bisa menyembuhkan tekanan darah yang tidak normal. Hanya saja obat ini bekerja untuk mencegah tekanan darah naik terlalu tinggi.