Pengertian Tasyukuran Aqiqah serta Tata Caranya

Pengertian Tasyukuran AqiqahTasyukuran aqiqah adalah perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT dengan menyembelih kambing atas kelahiran anak. Tentu ada banyak hikmah yang bisa diambil dari pelaksanaan aqiqah ini. Secara syariat, tasyukuran aqiqah mempunyai makna menebus bayi yang telah lahir dengan hewan sembelihan.

Secara bahasa aqiqah diartikan memtus atau melubangi. Hukum aqiqah ialah sunnah muakad atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan sekalipun dalam kondisi ekonomi yang kurang mendukung. Hal tersebut dikarenakan melakukan aqiqah berarti menghidupkan sunnah Nabi yang mana pada zaman dulu, Nabi beserta dengan sahabat juga melaksanakan aqiqah.

baca lengkap aqiqah bandung

Tasyukuran Aqiqah Sebelum Islam Datang

Jika melihat sejarah, penyembelihan hewan untuk kelahiran sudah ada sejak zaman jahiliyah. Namun perbedaan tentang tata caranya. Zaman jahiliyah dulu, orang-orang menyembelih hewan dan kemudian melumuri kepala bayi dengan darah sembelihan tersebut.

Praktek melumuri darah bayi dengan sembelihan kambing ini kemudian hilang setelah ajaran Islam masuk, yang kita kenal sekarang dengan nama tasyukuran aqiqah. Penyembelihan kambing tersebut kemudian dibarengi dengan mencukur rambut bayi serta melumuri kepalanya dengan menggunakan minyak wangi.

Itulah pentingnya ajaran Islam, tidak serta merta menghapus adat atau kebiasan namun menyempurnakan menjadi lebih baik dan manusiawi.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Tasyukuran Aqiqah

Dalam melaksanakan aqiqah, tentu ada tata cara ataupun adab yang harus diperhatikan. Hal tersebut penting mengingat sangat menentukan sahnya aqiqah. Terlebih di tengah masyarakat, masih banyak kebingungan kaitannya dengan pelaksanaan aqiqah.

Adapun hal-hal yang bisa diperhatikan sebelum aqiqah ialah sebagai berikut:

Aqiqah merupakan ibadah yang hukumnya sunnah muakad. Sangat ditekankan untuk dikerjakan, terlebih tidak ada halangan, baik secara finansial ataupun hal yang lainnya. Selain itu, ada hadits tentang aqiqah ‘anak-anak itu tergadai (tertahan) dengan aqiqahnya.’ Para ulama menafsirkan kata tergadai itu berarti terhutang dan ada yang berpendapat jika orang tua tidak melaksanakan aqiqah untuk anaknya, kelak di akhirat tidak mendapatkan syafaat dari anaknya. Wallahu’alam

baca seputar kambing aqiqah cimahi

Kambing aqiqah untuk anak laki-laki jumlahnya 2 ekor sementara untuk anak perempuan hanya 1 ekor. Mengenai jumlah kambing yang disembelih ini juga ada perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang  memperbolehkan menyembelih 1 ekor kambing saja untuk bayi laki-laki jika memang keterbatasan ekonomi atau mampunya hanya 1 ekor saja.

Akan tetapi, alangkah lebih baiknya, perihal ini bisa anda konsultasikan dengan ulama di sekitar anda. ‘

Tanggung jawab tasyukuran aqiqah ialah ayah dari bayi, baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Namun jika orang tua bayi tidak atau belum mampu, maka bisa dibiayai oleh kakek atau saudaranya yang lain.

Waktu Tasyukuran Aqiqah

Kapan bisa dimulai aqiqah dan kapan batas waktu aqiqah? Nah, jika membahas mengenai waktu aqiqah ini memang ada perbedaan pendapat dikalangan ulama.

Untuk kapan dimulainya aqiqah, ada yang yang berpendapat setelah kelahiran bayi tersebut. sementara itu, kapan batas waktu aqiqahnya, ulama-ulama mahdzab juga berbeda pendapatnya. Ada yang maksimal hari ke-7 kelahiran, jika tidak bisa hari ke-14, jika tetap berhalangan dilakukan pada hari ke-21.

Namun jika tetap tidak bisa melaksanakan aqiqah, maka bisa dilakukan menjelang baligh, bahkan ada yang berpendapat bisa meng-aqiqahi sendiri jika sudah dewasa.

pelajari lengkap aqiqah lembang

Itu beberapa pendapat ulama kaitannya dengan batas waktu aqiqah. Kemudian mana yang harus diikuti?

Para ulama banyak yang sepakat jika aqiqah itu dilaksanakan pada hari ke-7, tidak kurang dan tidak lebih. Itu pendapat yang paling shahih dan sesuai dengan syariat.

Perhitungan hari ke-7 ini, dihitung mulai siang hari. Ketika bayi lahir pada waktu malam hari, maka hitungannya mulai hari berikutnya.

Tasyukuran Aqiqah Lewat Jasa

Setelah anda membaca penjelasan apa tasyukuran aqiqah itu, mungkin anda akan berfikir ternyata pelaksanaan aqiqah itu ada tata caranya dan juga perlu hati-hati karena bisa mengakibatkan aqiqah-nya tidak sah.

Namun anda jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak jasa tasyukuran aqiqah yang bisa anda pilih. Dengan jasa aqiqah tersebut, semua kebutuhan aqiqah mulai dari pemilihan kambing hingga pengemasan daging olahan kambing sudah ditangani oleh orang-orang yang berpengalaman dan profesional.

Pastikan anda mempercayakan kepada jasa aqiqah yang sudah berpengalaman, dan profesional sehingga anda pun juga akan mendapatkan kepuasan akan pelayanan yang diberikan. Pilih juga yang memberikan banyak paket aqiqah. Mengapa? Karena dengan berbagai layanan yang ditawarkan pun anda akan bisa memilih sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. tetap nomorsatukan kualitas. Apa gunanya jika harga murah namun kualitas tidak terjamin. Lihatlah testinomi dari pelanggan sebelumnya, bisa dari websitenya maupun dari Google, jika banyak yang memberikan kesan positif, maka langsung saja percayakan kebutuhan aqiqah anda kepada jasa aqiqah tersebut.