Perbedaan Politeknik dengan Universitas

PMB Politeknik sudah dibuka kembali dalam penerimaan calon mahasiswa baru, untuk kalian yang ingin melanjutkan Pendidikan di Politeknik, sudah tahu belum apa bedanya politeknik dan universitas? Jika belum, simak sedikit penjelasan mengenai perbedaan politeknik dengan universitas berikut ini.

Perbedaan Politeknik dengan Universitas

  • Fakultas

Universitas merupakan institusi Pendidikan dengan sistem fakultas yang lebih mengarah secara umum dalam sistem pembelajarannya. Sedangkan di Politeknik, fakultas lebih memiliki sifat khusus dan lebih terpusat. Di politeknik, kalian akan lebih mempelajari sesuatu hal secara praktik. Karena politeknik memfokuskan lulusan yang siap bekerja dengan keterampilannya dan berpengalaman dalam bidangnya.

  • Sistem Pembelajaran

Pada dasarnya, di universitas akan lebih banyak pembelajaran mengenai teori untuk fakultas tertentu. Sedangkan di politeknik, secara umum kalian akan lebih banyak mempelajari sesuatu hal secara praktik, atau 30% materi dan 70% praktik. Dengan begitu, politeknik memiliki lulusan yang lebih siap untuk bekerja. Selain itu, jika di universitas mahasiswa bisa mengatur sendiri SKS yang diambil di setiap semesternya. Politeknik sudah diatur oleh pihak politeknik untuk seberapa banyak SKS yang harus diambil di setiap semesternya.

  • Pendaftaran

Universitas memiliki beberapa jalur untuk masuk ke universitas seperti, SNMPTN, SBMPTN, Ujian mandiri dan juga Jalur rapor. Sedangkan untuk di politeknik, sistem pendaftaran bisa dilakukan dengan melalui PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan – Politeknik Negeri). Dan SB-UMPN (Seleksi Bersama – Ujian Masuk Politeknik Negeri)

  • Gelar yang Didapat

Di universitas, pada saat lulus mahasiswa akan mendapatkan gelar Strata 1 atau Sarjana 1 yang sering disebut juga dengan S1. Sedangkan di Politeknik, pada saat lulus mahasiswa akan mendapatkan gelar D3 yang ditempuh selama 3 tahun. Dan D4 yang ditempuh selama 4 tahun.

Itulah 4 perbedaan antara politeknik dengan universitas secara umum. Dengan adanya PMB Politeknik yang kini sedang dibuka, kalian yang berminat masuk politeknik bisa segera mencari informasi pada masing-masing politeknik. Seperti informasi seputar PMB di Politeknik Negeri Banyuwangi yang bisa kalian akses di situs web resmi https://www.poliwangi.ac.id/.