Resep Abon Tongkol

Resep abon tongkol – Abon ikan tongkol adalah olahan makanan yang terbuat dari daging ikan tongkol. Berbeda dengan abon biasanya, abon ikan tongkol memiliki gizi yang lebih banyak. Namun cara pembuatannya sama dengan abon yang lainnya, selain itu bentuk nya juga sama, namun soal rasa jelas berbeda dari yang lain.

Berbahan dasar ikan tongkol, yang kita semua tahu ikan tongkol memiliki serat serat yang lebih pendek ketimbang dari ayam dan sapi.  Jadi abon ikan tongkol di percaya menyimpan banyak kandungan di dalamnya.

Di Indonesia abon sudah sangat populer dan sangat di sukai oleh masyarakat, buktinya banyak nya abon abon di pasaran yang selalu habis. Selain mengandung banyak manfaat ternyata abon makanan yang awet dan tahan lama, bahkan bisa hingga berbulan bulan. Makanan ini sangat praktis dan efisien bisa di bawa kemana mana.

Biasanya abon ini di gunakan sebagai pendamping nasi  dan di gunakan sebagai lauk yang enak Berbentuk suwiran suwiran daging sepeti kapas dan berwarna cokelat kehitaman karena kecap ini sangat nikmat di santap dengan nasi yang masih hangat. Abon ikan tongkol sebenarnya memiliki peluang yang sama dengan peluang usaha abon lele yang sama sama menggunakan daging ikan.

Untuk pembuatan abon ikan tongkol sebenar nya mudah dan bisa di kerjakan di rumahan, caranya hampir sama dengan membuat abon yang lain hanya saja resep nya yang berbeda. Berikut ini penjelasan  resep membuat abon ikan tongkol.

Resep Membuat Abon Ikan Tongkol

Bahan Bahan

  1. Daging fillet ikan tongkol – 1 kg
  2. Santan kental – 500 ml
  3. Daun jeruk – 4 lembar
  4. Daun salam – 4 lembar
  5. Garam – 3 sdm
  6. Gula – 3 sdm
  7. Air, untuk merebus – 1 liter

Bumbu Halus

  1. Bawang putih – 7 siung
  2. Bawang merah – 15 siung
  3. Cabai rawit – 100 gram
  4. Cabai keriting kering – 100 gram
  5. Jahe – 5 cm
  6. Lengkuas – 5 cm
  7. Serai, ambil bagian putihnya – 2 batang
  8. Kunyit – 2 cm
  9. Merica – 1/2 sdt
  10. Ketumbar – 1/2 sdt

Langkah Pembuatan Abon Ikan Tongkol

  1. Dalam panci, tuang air lalu rebus ikan tongkol. Biarkan hingga air mendidih dan ikan matang. Angkat dan tiriskan ikan. Air rebusannya sebaiknya di saring kemudian sisihkan.
  2. Suwir-suwir daging ikan. Sisihkan.
  3. Dalam panci, tuang kaldu ikan. Tambahkan bahan bahan lainnya dan aduk hingga merata. Aduk rata lalu masak hingga mendidih.
  4. Masukkan suwiran daging ikan. Lalu aduk secara perlahan sampai daging ikan mengering.
  5. Bumbui dengan garam dan gula.
  6. Api kecil saja agar menghindari gosong, aduk terus sampai mengering. Jika sudah mengering angkat.
  7. Abon ikan tongkol siap untuk disajikan.

Manfaat dari Abon Ikan Tongkol

1. Mendorong Dalam Pertumbuhan Sel Darah di Dalam Tubuh

Manfaat pertama yang terkandung dalam abon ikan tongkol yaitu terdapat banyak zat besi di dalamnya, kandungan zat besi inilah yang berpengaruh untuk melancarkan pertumbuhan sel darah di dalam tubuh. Jika zat besi terpenuhi otomatis aliran darah akan berjalan optimal.

2. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Didalam ikan tongkol terdapat kandungan fosfor, vitamin d, dan kalsium. Khasiat ini bisa menjaga kesehatan tulang. dengan begitu mengkonsumsi abon ikan tongkol bisa membantu dan memelihara kesehatan tulang di dalam tubuh.

3. Menjaga Daya Tahan dan Imunitas Tubuh

Khasiat yang ketiga yatu bisa menjaga daya tahan tubuh sekaligus imunitas tubuh dikarenakan di dalam abon ikan tongkol terdapat kandungan silenium yang produktif.

4. Menjaga Fokus dan Konsentrasi

Dengan mengkonsumsi abon ikan tongkol secara cukup, dengan tidak sadar bisa menjaga fokus dan konsentrasi karena lancarnya perputaran darah di dalam tubuh. Sehingga bisa memaksimalkan persediaan darah dan oksigen didalam tubuh termasuk menaikkan konsentrasi otak.

5. Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat yang terakhir yaitu bisa untuk menjaga kesehatan jantung, dengan suplai darah yang cukup sehingga kesehatan jantung akan terjaga dengan baik.