Resep Masakan Padang Rendang yang Spesial dan Praktis

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang resep masakan padang rendang dengan daging yang sangat empuk. Rendang ini mempunyai tekstur lembut jadinya sangat cocok untuk menemani menu makan hari hari.

Resep masakan padang rendang khas Padang memang telah menjadi favorit diseluruh penjurudunia. Daging yang penuh balutan bumbu dan juga rempah khas dengan citarasa yang cukup menyerap sempurna dan tekstur empuk pada daging memang sangat sulit dilupakan. Apalagi untuk disantap hanya sesekali saja.

Rendang

Rendang atau randang ini adalah masakan daging sapi atau daging lainnya dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang asalnya dari Minangkabau. Masakan ini pun dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang menggunakan santan kental hingga kuahnya benar benar kering sama sekali tidak ada air.

Resep Masakan Padang Rendang

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1.5 kg daging
  • 2 liter santan dari 2 butir kelapa tua

Rempah:

  • 2 batang daun serai dimemarkan
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 cm asam kandis/gelugur
  • 2 lembar daun kunyit simpulkan

Bumbu Halus:

  • 5 butir kemiri
  • 6 siung bawang putih (gunakan mesin pengiris bawang)
  • 100 gram cabe merah
  • 12 butir bawang merah
  • 100 gram cabe merah keriting
  • 2 cm jahe bakar
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit bakar
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan sangrai
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Resep Masakan Padang Rendang:

  1. Pertama tama olah daging yang sudah disiapkan, potong-potong daging rendang dengan bentuk dadu atau seukuran yang diinginkan, hanya saja jangan pernah memotong daging terlalu kecil untuk diolah menjadi rendang agar saat dimasak nanti daging tidak hancur
  2. Tuang santan kedalam wajan yang berukuran cukup besar, lalu tambahkan serai, irisan bawang merah, asam dan juga daun kunyit. Aduk sampai santan benar mendidih dan pastikan santan yang baru di masak tidak pecah, untuk itu Anda juga harus terus menerus untuk mengaduk-aduk santan sampai mendidih merata.
  3. Setelah santan mendidih, masukkan perlahan bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya dan sesekali aduk-aduk selama kurang lebih 20 – 30 menit.
  4. Setelah anda melihat santan tampak berminyak, berarti ini saatnya kamu memasukan potongan daging rendang yang telah dibersihkan dan masak dengan menggunakan api kecil/sedang hingga santan mengental dan mengering serta bumbu meresap ke pori pori daging.
  5. Terus masak daging tadi sampai benar benar sangat empuk dan matangnya juga merata, jangan lelah untuk terus mengaduk supaya bagian dasar tidak gosong dan daging yang dimasak tidak gagal.
  6. Rendang pun siap dinikmati.

Tips Memasak Rendang yang Empuk

tips yang dapat di gunakan untuk membuat rendang ini akan membuat daging lebih cepat empuk. Beberapa tipsnya adalah mulai dari cara Anda membeli daging, lalu memotong daging, dan juga saat memukul – mukul daging.

Serta hindari juga proses perendaman pada danging dengan menggunakan air karena hal itu dapat mengurangi rasa segar yang dikandung oleh daging. Selain itu juga untuk mengempukkan daging, Anda bisa menggunakan bahan – bahan yang pastinya ada di dapur Anda.

1.Daun Pepaya

Anda bisa menggunakan daun pepaya untuk mengempukkan daging. Dengan cara mengolah daging dengan berbagai bumbu dan juga rempah, Anda harus merebus daging bersamaan menggunakan daun pepaya. Cara lain untuk membuatnya Anda juga dapat membumbui daging terlebih dahulu lalu membungkusnya menggunakan daun pepaya. Untuk langkah selanjutnya adalah Anda harus memasaknya sampai daging benar benar empuk.

2.Jahe

Jahe ini pun juga sering digunakan untuk membuat daging sangat empuk. Dengan cara melumuri jahe yang sudah diparut ke seluruh bagian daging, lalu daging dibiarkan selama beberapa menit sebelum poses pengolahan. Enzim proteolitik yang terkandung di dalam jahe dapat membantu mengurai ikatan protein dalam daging, sehingga daging menjadi lebih cepat empuk.

3.Teh

Teh yang sangat terkenal mempunyai banyak berbagai manfaat. Selain bisa melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan juga untuk melarutkan lemak, ternyata teh juga bisa berfungsi untuk mengempukkan daging yang akan dimasak menjadi berbagai jenis masakan. Bagaimana dengan caranya? Anda bisa merendamnya dalam larutan teh yang sangat hitam pekat. Teh ini sendiri juga mengandung tanin yang terkenal dengan zat pengempukan daging dengan cara alami.

4.Kopi

Kopi juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengempukkan daging dengan cara alami. Caranya adalah dengan merendam daging kurang lebih selama semalam dengan menggunakan sekitar satu gelas kopi yang begitu kental. Selain bisa mengempukkan daging, kopi pun bisa memperkuat cita rasa dari daging itu sendiri.

Mungkin hanya itu ulasan tentang resep masakan padang rendang sekaligus tips memasak rendang agar daging empuk sempurna. Kalian juga bisa mencoba resep lontong sayur padang untuk menambah menu masak anda. Selamat Mencoba! Dan jika Ac Anda di rumah bermasalah bisa service ac rutin di service ac jogja. Sekian dan terimakasih.