Resep Membuat Ikan Lele Asap

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang resep ikan lele asap . Tahukah Anda ikan asap? pertimbangkan yang berikut ini.

Sejarah Pengasapan Ikan

Ikan asap sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Dikatakan bahwa itu terjadi secara tidak sengaja. Saat itu sebagian besar masyarakat mengawetkan daging dan ikan dengan cara menjemurnya di bawah terik matahari.

Namun saat musim hujan dan musim dingin datang masyarakat mengering dengan bantuan api di bawah kompor di dapur, sehingga efek asap tidak bisa dihindari.

Ada juga versi lain yaitu pada zaman batu orang mengolah makanannya termasuk ikan dengan cara yang sangat sederhana yaitu dibakar atau dibakar di atas api sebelum dimakan. Tentu saja efek asap juga tidak bisa dihindari.

Karena dari pengolahannya, makanan tersebut memiliki rasa berasap dan warna kecoklatan. Aroma asapnya ternyata disukai masyarakat dan tekstur ikan asap menjadi lebih enak dan ikan lebih awet.

Sejak saat itu merokok mulai berkembang dan teknik merokok tidak banyak berubah.

Resep Ikan Lele Asap

Resep Mangut lele asap Anti Gagal | Resep MasakanKu

Bahan Bahan Resep Ikan Lele Asap

Ikan asap
Kacang panjang (secukupnya)
2 buah terong
kemangi (secukupnya)
1 bungkus santan kecil kara
2 batang serai
3 lembar daun jeruk
4 lembar daun salam

Bumbu halus :

2 buah cabai merah besar
3 siung bawang putih
8 daun bawang
1 buah kemiri
1 ruas jari kencur
ruas jari kunyit 1 ruas
2 ruas jari jahe
Laos
Pasta udang

Pelengkap

Garam
Kaldu ayam
Bumbu
Gula
Minyak goreng
air

Cara Membuat Ikan Lele Asap

  1. Haluskan semua bumbu kecuali laos, lalu hancurkan laos & serai.
  2. Panaskan Mesin pengasap Ikan jika sudah masukan ikan asap goreng lalu tumis bumbu halus, tambahkan serai, laos, daun jeruk, daun salam, masak hingga harum.
  3. Setelah bumbu harum tambahkan air, lalu tambahkan garam, gula pasir, kaldu, & penyedap rasa
  4. Masukkan kacang panjang setelah setengah matang, masukkan ikan asap
  5. Masukkan kara santan lalu aduk hingga semua tercampur, setelah mendidih masukkan terong
  6. Uji rasa sesuai selera Jika sudah matang masukkan daun kemangi sesuai selera bu, masak sebentar, kalau suka pedas bisa tambahkan cabai rawit utuh
  7. Matikan kompor lalu siap dihidangkan

Manfaat Ikan Asap

  1. Ikan Lebih Tahan Lama
    Dengan memanfaatkan asap dan memberikan asap pada ikan ini akan membantu ikan bertahan lebih lama. Asap sering digunakan untuk mengawetkan berbagai makanan, termasuk ikan asap ini.
  2. Bakteri pada Ikan Mati
    Dengan memanfaatkan pengasapan pada ikan ini akan membantu membunuh bakteri pada ikan asap, dengan adanya pengasapan tersebut maka bakteri pada ikan tersebut memang akan mati.Namun sangat perlu diperhatikan bahwa dibalik dari manfaat iakan memiliki beberapa hal-hal tertentu, terdapat beberapa bahaya dalam ikan yang juga perlu diperhatikan, tidak terkecuali ikan asap ini. Ikan asap juga memiliki bahaya ikan asap yang perlu diwaspadai.
  1. Mengandung Protein
    Baik ikan asap maupun ikan manfaat, semua jenis ikan memiliki kandungan protein yang cukup.Ikan asap merupakan ikan yang pengolahannya dilakukan dengan cara pengasapan, sehingga ikan asap tentunya memiliki protein yang baik untuk kesehatan tubuh karena ikan asap juga merupakan jenis ikan yang mempunyai banyak manfaat ikan.
  1. Mengandung Vitamin A
    Tidak hanya mengandung berbagai manfaat protein, ikan asap juga memiliki manfaat vitamin A, dimana manfaat ikan asap vitamin A dapat membantu mengobati penyakit mata.Karena kita tahu bahwa mata kita sangat membutuhkan vitamin A, selain ikan asap yang mengandung vitamin A yaitu wortel maka manfaat wortel untuk kesehatan mata juga sangat diperlukan.

Itu tadi resep ara membuat ikan lele asap yang dapat kalian coba dirumah dan saya sarankan untuk mengunakan mesin lemari asap dalam pengolahan ikan asap. Sekian dari saya jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.