Resep Minuman Kopi Kekinian untuk Menemani Aktivitas Anda

Halo para readers sekalian! Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa resep minuman kopi kekinian untuk menemani aktivitas sehari – hari anda. Kopi memang sangat cocok untuk anda konsumsi pada saat bekerja atau ketika sedang menikmati waktu luang.

Nah, untuk penjelasan lebih lengkap mengenai resep minuman kopi kekinian kalian bisa menyimak penjelasan dibawah ini. Stay tune sampai akhir artikel ya, supaya tidak ada penjelasan yang terlewatkan seputar minuman kopi kekinian.

Kopi

Kopi adalah minuman yang terbuat dari biji kopi yang disangrai dan dihaluskan. Jenis kopi yang paling populer adalah Arabica, Robusta dan Liberica. Kopi merupakan minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah teh. Bagi banyak orang, kopi bukan sekadar minuman sampingan, melainkan bagian dari gaya hidup.

Jika melihat asal usul nama latinnya, kata kopi berasal dari bahasa arab. Dalam kata qahwah yang berarti kekuatan. Karena pada awal kehadirannya kopi dijadikan sebagai makanan dengan kandungan energi yang tinggi.

Kata qahwah telah kembali ke kahveh yang berasal dari bahasa Turki. Kemudian dia berubah kembali menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Selain itu, penggunaan kata koffie langsung berasimilasi dengan bahasa Indonesia. Saat ini, hanya kata kopi yang

Sejarah kopi di seluruh dunia dimulai di Ethiopia sejak abad ke-9. Saat itu, kopi masih dikonsumsi seperti buah ceri. Para pedagang Arab kemudian mempopulerkan minuman yang terbuat dari biji ceri, kemudian pada pertengahan abad ke-15, kopi mulai dipasarkan ke seluruh dunia melalui pelabuhan Moka di Yaman.

Tentunya butuh waktu lama untuk mengolah kopi yang masih seperti biji basah sebelum bisa diminum. Singkatnya, dimulai dengan memanen biji kopi matang baik dengan mesin kopi maupun manual dengan tangan. Kemudian proses biji kopi dan keringkan sebelum berubah menjadi biji kopi.

Resep Minuman Kopi Kekinian

Jenis – Jenis Kopi

Di antara sekian banyak jenis biji kopi yang dijual di pasaran, hanya ada 2 varietas utama. Yaitu kopi Arabica (Coffea arabica) dan Robusta (Coffea robusta), dimana setiap jenis kopi memiliki keunikan dan pasarnya masing-masing. Apakah berikut ini:

kopi Arabika

Kopi arabika terkenal sebagai jenis kopi tradisional dengan rasa yang lebih enak dan umumnya dibudidayakan di negara-negara dengan iklim tropis atau subtropis. Jenis arabika tumbuh pada ketinggian 600-2000 m dpl dengan tinggi pohon mencapai 3 meter jika kondisi lingkungan tepat. Biji kopi yang dihasilkan berukuran kecil dan berwarna hijau atau merah tua.

Kopi Robusta

Dilihat dari sejarahnya, kopi Robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi Robusta bisa 2nd class coffee karena rasanya lebih pahit, sedikit asam dan mengandung kadar kafein yang jauh lebih tinggi. Kopi robusta dapat tumbuh pada ketinggian 800m dpl dan tahan terhadap hama dan penyakit. Inilah yang membuat kopi Robusta lebih murah.

Kopi Luwak

Jenis kopi lainnya merupakan turunan atau sub-varietas dari kopi Arabica dan Robusta. Umumnya setiap daerah produsen kopi memiliki keunikan tersendiri dan menjadikannya sebagai sub-varietas. Salah satu jenis kopi terkenal lainnya adalah luwak dan kita patut berbangga karena kafe luak ini merupakan kopi asli Indonesia.

Resep Minuman Kopi Kekinian

Resep Minuman Kopi Karibia

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • Makan kopi bubuk instan (4 sendok)
  • Whipped cream cair (200 ml)
  • Ekstrak vanili (4 sendok)
  • Whipped cream kocok (4 sendok)
  • Air panas (800 ml)

Cara membuat :

  1. Siapkan kopi dengan air panas
  2. Masukkan air kopi dan whipped cream yang sudah dilarutkan ke dalam panci, panaskan.
  3. Tuangkan ke dalam gelas lalu hiasi dengan whipped cream diatasnya
  4. Taburi dengan kopi bubuk.
  5. Kopi Karibia siap disajikan.

Resep Minuman Kopi Cold Brew Coffee

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • Kopi (5 sendok teh)
  • Air (500 ml)
  • Gula cair (secukupnya)

Cara membuat :

  1. Campur kopi dengan air halus sampai rata.
  2. Masukkan kedalam botol kaca.
  3. Ulangi pendinginan selama 12 sampai 16 jam untuk membuat kopi dari tempat pertama kemudian, setelah 12 atau 16 jam, saring larutan kopi.
  4. Tambahkan gula cair kedua secukupnya.
  5. Minuman cold brew coffee siap disajikan.

Nah, itu tadi adalah beberapa resep minuman kopi kekinian yang bisa kalian coba dirumah, kalian juga bisa mendapatkan produk mesin kopi di Rumah Mesin. Baiklah, cukup sampai disini dulu untuk artikel “Resep Minuman Kopi Kekinian untuk Menemani Aktivitas Anda”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa!