Resep Nasi Goreng Mawut Anti Semrawut

Hai sobat-sobat sekalian, pada artikel kali ini saya akan membagikan kepada sobat semuanya resep nasi goreng mawut yang aman anti semrawut dengan langkah-langkah pembuatan yang sederhana. Jadi sobat semua tidak perlu khawatir jika tidak bisa mengikuti ini.

Eits, tapi sebelum kesana saya ingin sedikit membahas tentang seputaran nasi goreng mawut pada artikel kali ini agar sobat semuanya bisa lebih mengenal makanan ini.

Tanpa banyak basa-basi, berikut ini pembahasan mengenai seputaran nasi goreng mawut ini.

Nasi Goreng Mawut

resep nasi goreng mawut

Diantara sobat semua pasti masih ada yang bingung apa sih bedanya nasi goreng biasa dengan nasi goreng mawut ini?. Nah, ternyata nasi goreng biasa beda loh dengan nasi goreng mawut ini. Nasi goreng mawut ini pada dasarnya adalah nasi goreng yang dicampur secara bersamaan dengan mie.

Di sini, teman-teman bisa membayangkan betapa nikmatnya nasi goreng saat disandingkan bersamaan dengan mie goreng? nasi gorengnya saja sudah enak plus mienya, jadi dua kali lipat lebih enak dong pastinya, hehehe.

Nasi goreng mawut ini pasalnya lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Magelangan karena banyak yang percaya bahwa sajian nasi goreng mawut ini berasal dari daerah Magelang.

Meski demikian, nasi goreng mawut ini sendiri tidak memiliki asal usul yang jelas. Hanya satu hal yang jelas nasi goreng mawut ini ialah menggunakan bumbu yang mirip dengan nasi goreng Jawa dan pastinya berasal dari daerah Jawa.

Resep Nasi Goreng Mawut

resep nasi goreng mawut

Setelah sebelumnya membahas tentang hal seputaran nasi goreng mawut itu sendiri, pada bagian kali ini kita akan membahas resep nasi goreng mawut.

Tentunya langkah-langkah membuat nasi goreng mawut ini tentunya mudah untuk diikuti, agar nantinya sobat bisa mengikuti langkah-langkahnya dan juga menikmati nasi goreng mawutnya.

Langsung saja tanpa banyak perlu kata serta basa-basi lagi, berikut ini cara membuat mie mawut nasi goreng.

Bahan-bahan :

  • Nasi
  • 1 buah mie instan (merk apapun dan bisa diganti mie telur)
  • Kecap manis (secukupnya sesuai selera)
  • 1 telur
  • Cabai (bisa digunakan atau tidak karena opsional)
  • Bakso (secukupnya sesuai selera dan potong kecil-kecil)
  • Sosis (secukupnya sesuai selera dan potong kecil-kecil)
  • Bawang putih yang dicincang
  • Sayuran (boleh pakai caisim atau sawi)
  • saus tiram
  • Garam secukupnya

Tahapan Cara Pembuatan :

  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memasak mie instan yang anda buat (lakukan juga hal yang sama jika anda menggunakan mie telur).
  2. Setelah mienya matang, angkat mi dan tiriskan. Kemudian anda dapat melanjutkan ke pembuatan telur orak-arik terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya tambahkan nasi yang sudah disiapkan sebelumnya dan campur dengan telur orak-arik tadi.
  4. Setelah beberapa saat, masukkan bakso dan juga sosis yang sudah disiapkan sebelumnya kemudian dilanjutkan dengan mengaduk kembali semuanya hingga semuanya merata.
  5. Setelah semuanya tercampur rata. Tambahkan kecap asin, garam dan bumbu mie instan (jika menggunakan mie instan) lalu aduk kembali sampai semua bahan tadi merata.
  6. Selanjutnya masukkan sayuran yang sudah disiapkan tadi, dan juga pastikan sayuran yang akan digunakan sudah dicuci sampai bersih.
  7. Kemudian tambahkan daun bawang dan saus tiramnya, kemudian dilanjutkan dengan mengaduk kembali hingga semuanya merata.
  8. Setelah tercampur, angkat mie goreng mentega dan sajikan. Jika perlu, taburi bawang goreng di atasnya agar lebih enak.

Itulah tadi artikel mengenai resep nasi goreng mawut, diharapkan artikel kali ini bisa bermanfaat dan berguna buat sobat semua yang sedang tertarik atau ingin membuat nasi goreng mawut.

Oh ya, jangan lupa baca juga artikel lainnya yang ada di website ini ya!, sampai jumpa dilain kesempatan sobat !.