Seperti Ini Pelaksanaan UU Cipta Kerja di Bidang Pajak Penghasilan

pajak

Pada bulan Februari 2021 lalu, ada perubahan dalam Undang Undang Cipta Kerja. Yang semestinya diketahui setiap pekerja, pegawai, karyawan, atau siapa saja subjek yang mendapat penghasilan di Indonesia.

Soal regulasi baru, selalu diupdate oleh jasa konsultan pajak Jogja. Sebab tugas mereka adalah untuk membantu klien menyelesaikan urusan perpajakan dengan baik.

Undang Undang Cipta Kerja

Undang Undang Cipta Kerja yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah spesifik soal pajak penghasilan. Lebih tepatnya adalah Undang Undang Pasal 111, Undang Undang Pasal 112, dan Undang Undang Pasal 113.

Ketiganya membahas pajak yang variannya berbeda. Pasal 111 untuk perubahan pajak penghasilan secara umum, pasal 112 untuk pajak pertambahan nilai, dan 113 untuk UU KUP. Sedangkan yang baru adalah PMK Nomor 18/PMK 03/2021 dan Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Perlakuan Perpajakan.

Ada beberapa peraturan spesifik yang dibahas dalam peraturan dan perundangan tersebut. Tarif pajak penghasilan untuk bunga obligasi (imbalan, diskonto, dan premium) diturunkan menjadi sebesar 10% saja. Ini berlaku untuk enam bulan terhitung sejak berlakunya PP Kemudahan Berusaha. Tidak sedikit klien jasa konsultan pajak Jogja yang memastikan berapa tarif terbaru dari kemudahan berusaha ini.

WNI yang berada di luar negeri lebih dari 183 hari, SPLN yang termasuk WNI, dan SPDN mendapatkan kepastian hukum. Hal ini dijelaskan dalam PMK Pasal 18 sampai dengan 26.

Tata cara pengenaan PPH untuk penghasilan yang diterima Warga Negara Indonesia di luar negeri juga dijelaskan dengan spesifik. Termasuk juga di dalamnya Warga Negara Asing yang berstatus SPDN, akan mendapat kejelasan lebih dari sebelumnya. Kalau peraturan ini ada dalam PMK 18 Pasal 7 sampai dengan 13.

Kemudian ada juga PMK 18 Pasal 44 sampai dengan 47 yang mengatur setoran biaya penyelenggara ibadah haji. Instrumen khusus, maupun yang dikecualikan, sudah lebih diatur.

Pakai jasa konsultan pajak Jogja mungkin akan membantu. Untuk menyelesaikan atau sekedar melaporkan pajak dengan baik dan benar.