Siang Hari AC Mobil Tidak Dingin Seperti Malam Hari, Mengapa?

Beberapa pemilik kendaraan roda empat berjenis mobil sering dibuat bingung dengan kondisi AC mobilnya. Saat berkendara di malam hari, AC bisa mengeluarkan hawa yang sangat sejuk sedangkan di siang hari AC mobil tidak bisa mengeluarkan hawa serupa seperti malamnya. Padahal bahkan suhu yang dipasang lebih rendah siang dibanding malam. Sedangkan pemilik mobil membutuhkan hawa lebih sejuk di siang hari. namun nyatanya AC mobil tidak dingin di siang hari.

Seringkali hal ini membingungkan pemilik mobil karena komponen AC mobil baru saja diservis atau lain sebagainya. Hal ini memang umum terjadi. Perbedaan suhu yang terjadi di luar dan di dalam mobil antara 10 derajat Celsius. Contohnya apabila di luar suhunya 30 derajat maka bisa jadi di dalam kabin suhunya lebih dingin di angka 18-20 derajat Celsius.

Biasanya, memang disiang hari ada beberapa komponen yang tidak bisa berjalan secara maksimal, salah satunya adalah extrafan. Putaran extrafan seringkali tidak bisa berjalan dengan maksimal di siang hari yang mengakibatkan proses kondensasi juga tidak bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Tidak berputar secara maksimalnya extrafan ini membuat tekanan Freon menjadi lebih tinggi. Akibatnya Freon akan terbuat sia-sia melalui selang atau sil sambungan pipa akibat tidak kuat lagi menahan tekanan yang ada Freon.

Solusinya adalah dengan mengganti extrafan yang baru di tukang servis AC mobil agar mobil anda bisa kembali merasakan sejuk pada kabin meski di siang hari. kondisi Freon juga perlu dicek secara berkala apakah ada terjadi kerusakan akibat overhear yang mengakibatkan beberapa komponen AC mobil jadi bermasalah.

Selain itu, kondisi evaporator yang tidak pernah dibersihkan juga menjadi salah satu penyebab AC mobil terasa tidak dingin meskipun sudah disetel secara maksimal. Maka dari itu kondisi AC harus benar-benar dirawat kebersihannya karena memiliki pengaruh sangat besar terhadap dinginnya kabin.

Evaporator yang kontor bisa dicek dari selang gas bertekanan rendah. Apabila ruang kabin tidak sejuk tapi selang gas bertekanan rendah mengeluarkan embun saat AC menyela, itu cirinya AC harus segera dibersihkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *