Solusi Menjaga Kebersihan Rumah Dengan 6 Kebiasaan ini

 

Agar Rumah Selalu Bersih dan Rapi, Ini 6 Kebiasaan yang Mesti Anda Lakukan

 

Siapa yang tak senang punya rumah bersih dan rapi. Namun, tentu saja hal ini tidak bisa terjadi secara instan. Sebagai penghuni rumah, Anda dan anggota keluarga lain harus mempertahankan kebersihan rumah. Sementara, saat rasa malas melanda, aktivitas membersihkan rumah menjadi terasa sungguh berat. Padahal, kalau Anda menerapkan kebiasaan sehari-hari yang bagus untuk mempertahankan kebersihan rumah, acara ini akan menjadi lebih ringan.

 

kebersihan rumah

 

Ada aneka macam kebiasaan sehari-hari yang mampu Anda terapkan dalam menjaga kebersihan rumah, mulai dari membersihkan daerah tidur di pagi hari setelah berdiri tidur, sampai melepas ganjal kaki ketika pulang ke tempat tinggal. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, simak ulasan berikut ini.

 

1. Membersihkan kawasan tidur secepatnya setelah berdiri tidur

 

Salah satu kebiasaan yang mampu Anda terapkan untuk mempertahankan kebersihan rumah ialah membersihkan daerah tidur setiap hari. Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah sehabis Anda bangkit tidur. Untuk memudahkannya, gunakan seprai yang praktis dan tidak berlapis. Kurangi juga jumlah bantal yang ada di atas kasur jikalau memang tidak terlampau dibutuhkan.

 

Jika dipraktekkan secara rutin, acara ini mampu merenggangkan Anda ketika hendak membersihkan rumah secara menyeluruh alasannya adalah Anda membenahi daerah tidur telah menjadi bagian dari acara sehari-hari yang selalu Anda lakukan.

 

2. Mencuci baju setiap hari

 

Meski terasa berat, sebenarnya mencuci baju saban hari jauh lebih ringan ketimbang menumpuknya di simpulan pekan. Pasalnya, jumlah busana yang Anda basuh setiap harinya tentu tidak akan sebanyak yang Anda basuh di tamat pekan. Selain itu, hal ini akan menjadi kebiasaan yang merenggangkan Anda dalam menjaga kebersihan rumah.

 

Mengapa demikian? Karena baju kotor di rumah Anda sudah dicuci setiap harinya. Sementara, jikalau Anda mencuci setiap satu minggu sekali, baju kotor Anda akan menumpuk selama satu minggu penuh.

 

Jika Anda berencana membersihkan rumah secara keseluruhan di final pekan, acara mencuci tumpukan baju kotor selama sepekan dapat memberatkan. Oleh alasannya adalah itu, akan lebih baik bila Anda membiasakan diri mencuci baju saban hari.

 

3. Mengelap dapur dan meja makan setiap malam

 

Kegiatan ini tidak memakan banyak waktu. Anda mungkin bisa melakukannya dalam waktu kurang dari lima menit. Maka, tidak ada salahnya melakukannya setiap hari. Pasalnya, permukaan meja makan dan meja dapur tidak selamanya bersih, meski tampakdemikian.

 

Kebiasaan ini bisa menjadi salah satu kebiasaan lain yang mampu membantu Anda mempertahankan kebersihan rumah, khususnya ruang makan dan dapur. Gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air sabun untuk membersihkan segala permukaan meja dari sisa makanan, kotoran, dan kuman serta bakteri yang mungkin menempel di sana.

 

Dengan melakukannya secara berkala setiap hari, Anda juga dapat membantu mempertahankan kesehatan keluarga karena bila dapur dan meja makan dibiarkan kotor, mampu saja bakteri dan kuman hinggap di masakan sehingga membuat orang yang memakannya rentan sakit.

 

4. Melepas sepatu saat hendak masuk ke dalam rumah

 

Saat Anda berada di luar rumah, Anda mungkin tidak menyadari sepatu atau ganjal kaki yang Anda gunakan sudah menginjak banyak hal yang kotor. Meski tidak berair atau tidak terlihat, bakteri, kuman, dan banyak sekali kotoran lain pasti melekat di bawah ganjal kaki yang Anda gunakan di luar. Jika Anda tidak melepas ganjal kaki dikala memasuki rumah, kotoran yang melekat juga akan mengotori lantai rumah Anda.

 

Untuk menyiasatinya, Anda harus melaksanakan kebiasaan melepas sepatu setiap masuk ke dalam rumah untuk menjaga kebersihan rumah Anda. Hal ini juga mesti diterapkan oleh penghuni rumah lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih ringan ketika hendak menyapu dan mengepel lantai alasannya adalah Anda dan penghuni rumah sudah meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam rumah.

 

5. Mencuci piring setelah makan

 

Setelah akhir makan, biasakan diri untuk segera mencuci piring atau mangkok yang Anda pakai untuk makan, termasuk sendok dan garpunya. Dibanding menunggu piring kotor menumpuk, membersihkan piring secepatnya sesudah makan adalah salah satu kebiasaan yang bisa Anda terapkan demi mempertahankan kebersihan rumah.

 

Pasalnya, berdasarkan salah satu artikel yang dimuat di KidsHealth, piring kotor yang dibiarkan menumpuk mampu ‘memanggil’ kecoak untuk tiba ke rumah. Selain itu, piring kotor juga mampu menjadi sumber hadirnya kuman dan basil yang mampu menyebar di seluruh rumah. Maka dari itu, ketimbang menanti piring kotor menumpuk, lebih baik jikalau Anda segera membersihkan setiap piring yang Anda gunakan untuk makan tepat sehabis akhir menggunakannya.

 

6. Bersihkan rumah selama 15 menit setiap malam

 

Sebelum tidur, ajak seluruh penghuni rumah untuk membersihkan rumah selama 15 menit. Fokuskan aktivitas membersihkan rumah ini pada area yang memang penting untuk dibersihkan. Membersihkannya bersama-sama pasti akan merenggangkan beban Anda.

 

Selain itu, kebiasaan ini juga mengurangi beban Anda, sebab aktivitas ini sangat efektif dalam membantu Anda mempertahankan kebersihan rumah. Dengan melakukannya setiap malam, area-area kotor di rumah Anda pun menyusut. Makara, saat Anda hendak membersihkan rumah secara keseluruhan, Anda tidak memerlukan waktu usang karena area yang mesti dibersihkan tidak terlampau banyak.