Mari Simak Tahapan Mengolah Kelapa Menjadi Kopra Putih Secara Runut

tahapan mengolah kelapa menjadi kopra
Ilustrasi Kopra Putih

Tahapan mengolah kelapa menjadi kopra – Kopra putih adalah daging buah kelapa yang diambil dari tempurungnya. Kopra kelapa putih atau biasa disebut kopra putih diolah dari kelapa segar tua menggunakan sistem pengeringan/pemanasan tidak langsung yang dipadukan dengan sinar matahari.

Daging kelapa putih merupakan bahan baku untuk pengolahan minyak kelapa mentah dan tidak dicampur dengan campuran kimia yang digunakan dalam minyak makanan sehat, minyak nabati, sabun herbal, dan produk turunan lainnya.

Salah satu jenis pengolahan buah kelapa adalah daging buah kelapa, atau yang biasa kita sebut dengan kopra kelapa. Kopra kelapa dikeluarkan dari tempurungnya dengan cara mencungkil kelapa konvensional, atau bisa juga menggunakan alat pemeras kelapa.

Biasanya ada dua jenis kopra: kopra hitam dan kopra putih. Seperti namanya, daging buah kelapa hitam (black coconut kopra) berwarna hitam. Proses pembuatan kopra hitam lebih mudah dilakukan yaitu kelapa dipisahkan dari tempurungnya kemudian dijemur hingga berwarna hitam.

Baca Juga : Resep Cara Membuat Bubble Pearl dari Nutrijell di Rumah Saja

Tahapan Mengolah Kelapa Menjadi Kopra Putih

1. Pengeringan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

Cara ini paling sering digunakan oleh petani kopra. Cara ini memakan waktu dan sangat tergantung pada kondisi cuaca, kualitas kopra biasanya tidak stabil, berjamur, dan kelembaban di bawah karakteristik optimal dari teknologi ini.

Pengeringan dengan cara ini membutuhkan waktu 5-7 hari dan sangat bergantung pada cuaca. Dalam cuaca yang baik, saat pengeringan selama 8 jam pada saat yang sama, 1/3 dari semua kelembaban dapat menguap.

2. Pengeringan Dengan Rumah Tudung Plastik

Metode pengeringan ini lebih baik daripada pengeringan sinar matahari langsung. Metode pengeringan kopra sangat menentukan kualitas produk olahan (terutama minyak kelapa). Dengan bantuan tudung plastik, jus kopra berkualitas tinggi dapat diproduksi.

Ruang pengering terdiri dari atap dan dinding yang terbuat dari plastik transparan. Sinar matahari menembus atap plastik transparan dan memanaskan daging kelapa di dalamnya.

Dengan cara ini, panas yang dipantulkan dari lantai atau dinding akan tertahan, yang akan meningkatkan suhu di ruang plastik, sehingga kopra kering lebih cepat kering dan terlindung dari hujan.

3. Pengeringan kelapa dengan metode pengasapan.

Cara ini banyak digunakan di kalangan petani kopra. Tempatkan serpihan kelapa di pengasap, bakar batok atau di bawah tempurung. Jus kopra asap akan tetap berada di bawah sinar matahari.

Namun, jika sinar matahari tidak cukup, pengasapan adalah pilihan lain untuk mengeringkan kelapa. Sabut kelapa atau serpihan kelapa sangat penting selama musim hujan karena metode pengeringan matahari tidak optimal. Penunjukan ini memakan waktu sekitar 3 hari.

5. Mengeringkan kelapa di dalam oven

Kopra ditempatkan dalam oven kopra, yang dibakar di atas kayu atau sisa-sisa tempurung. Cara ini lebih baik karena tidak terpengaruh oleh cuaca dan bahan bakar yang lebih sedikit. Kopra tidak menghasilkan bau tengik bahkan setelah 8 bulan penyimpanan.

Pengering terdiri dari ruang pengering yang dilengkapi dengan tabung pemanas. Udara panas akan dihembuskan oleh kipas khusus di sudut-sudut oven, sehingga proses pengeringan menjadi efisien dan efektif, serta panasnya merata.

Kemudian salah satunya adalah dengan memanfaatkan udara panas untuk menurunkan kadar air kopra dengan cara mengeringkannya dengan cara memanaskannya pada suhu sekitar 60-70 °C sehingga menurunkan kadar air sebesar 5-6%.

Melalui konduksi panas dan konveksi. Setelah melewati penukar panas untuk pertama kalinya, udara panas melewati kelapa secara merata. Pengering dapat digunakan kapan saja dan suhu dapat diatur sesuai dengan kadar air kelapa.

Tidak ada salahnya mengetahui cara membuat kopra putih. Ada banyak cara untuk melakukan ini. Siapa tahu Anda bisa menjadi pedagang kopra putih selanjutnya. Semoga berhasil.

Selanjutnya artikel menarik lainnya Berbagai Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan Kita