Tempat Tidur Rumah Sakit, Solusi Menuju Kesembuhan

Tempat tidur rumah sakit yang nyaman menjadi faktor penting dalam mempercepat kesembuhan pasien

Artikel 

bed rumah sakit

Kita tentu setuju bahwa apapun sakitnya, bagaimana metode pengobatannya, istirahat menjadi faktor pendukung bagi kecepatan kesembuhan pasien. Itulah mengapa rawat inap dibutuhkan, selain untuk penanganan yang cepat, jam kunjung pada pasien rawat inap dimaksudkan agar pasien bisa istirahat tanpa gangguan. Namun, tidak bisa dipungkiri jika pada kenyataannya pasien justru tidak bisa beristirahat dengan optimal di rumah sakit.

Pernahkah Anda menjalani rawat inap namun di kelas yang berbeda? Kelas VIP tentu menawarkan kenyamanan yang berbeda dengan kelas reguler. Namun hal tersebut tidak menjamin pasien bisa beristirahat lebih baik. Dalam kondisi sakit, tidak bisa dipungkiri jika bagaimanapun nyamannya fasilitas yang ditawarkan, ada perasaan aneh yang membuat kita tidak bisa istirahat dengan nyaman. Ranjang yang asing, bantal yang asing, suara infus dan peralatan yang terasa mengganggu, dan bau medis yang tercium menjadi faktor utama kenapa kita tidak bisa beristirahat meskipun telah disediakan fasilitas yang baik. Kondisi tubuh yang sakit ditambah lagi jika anda bukan orang yang mudah beradaptasi bisa membuat istirahat semakin sulit dilakukan. Nah ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat istirahat anda di rumah sakit menjadi lebih nyaman.

Tempat tidur rumah sakit kebanyakan memang di desain untuk alasan fungsional, bukan kenyamanan. Kasur yang sempit membuat anda tidak bisa banyak bergerak. Jika anda kurang beruntung, anda mungkin akan mendapatkan kasur yang tipis atau keras. Untuk membuat anda lebih nyaman dalam beristirahat anda bisa membawa busa sendiri dari rumah. Menambah lapisan busa pada kasur bisa meningkatkan kenyamanan tidur anda. Anda juga bisa meminta pada petugas medis untuk mengganti kasur anda. 

Jika membayangkan ranjang rumah sakit, apa yang terlintas di benak anda? Mungkin anda akan membayangkan single bed dengan penutup berwarna putih atau hijau. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat rawat inap anda lebih nyaman adalah membuat suasana seolah-olah anda sedang berada di rumah. Hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan dengan sprei dan selimut khas rumah sakit bukan? Minta keluarga anda untuk mengganti sprei dan selimut yang dibawa dari rumah. Membawa barang yang familiar dengan anda bisa membantu mengurangi rasa asing yang membuat anda  sulit tidur. Selain itu, barang-barang yang berada di rumah sakit biasanya berbau medis, membawa sendiri sprei dan selimut yang ‘berbau rumah’ bisa meningkatkan kualitas istirahat anda. 

Tempat tidur rumah sakit biasanya tersedia dalam ukuran yang seragam. Untuk pasien yang memiliki tinggi badan normal, hal tersebut tentu tidak menjadi masalah. Namun jika anda adalah pasien dengan tubuh yang tinggi, jangan ragu untuk meminta kepada perawat untuk menyetel ulang tempat tidur anda agar bisa mengakomodasi tinggi badan anda. Istirahat di tempat tidur yang sempit dan pas badan tentu tidak akan terasa nyaman.

Jika anggota keluarga anda yang sedang melakukan perawatan inap di rumah sakit, adalah anak-anak,  anda bisa mempertimbangkan untuk meletakkan boneka atau mainan favorit mereka di tempat tidurnya. Tapi perlu diingat untuk tidak membawa mainan atau benda yang berbunyi nyaring karena bisa mengganggu pasien yang lain.

Dalam kondisi sakit, pasien menghabiskan hampir semua waktunya di atas tempat tidur. Jadi tempat tidur yang berkualitas menjadi kunci utama bagi kenyamanan pasien. Jika rumah sakit anda tidak memiliki fasilitas yang baik, pasien tidak akan merasa nyaman selama menjalani masa pengobatan. Jika ranjang di rumah sakit anda sudah berkarat, memiliki kasur tipis dan tidak nyaman, anda bisa mengunjungi https://paramount.co.id/ID/ untuk mencari referensi tempat tidur rumah sakit yang berkualitas. Selain menyediakan tempat tidur rumah sakit, Paramount juga menyediakan berbagai macam pilihan produk home care yang perlu anda sediakan di rumah.