Tips Ibu Menyusui Agar ASI Eklusif Tidak Terganggu

Walaupun Repot Kerja, Bunda Dapat Lancar Jaya Berikan ASI Mewah Dengan Langkah Ini

Anak ialah karunia terindah yang diberi Tuhan untuk tiap pasangan. Demikian anak lahir ke dunia, pekerjaan seorang ibu memberi ASI mewah sepanjang 6 bulan. Faedah memberi ASI mewah besar sekali buat tumbuh kembang anak.

Bikin ibu rumah-tangga atau yang tidak kerja, memberi ASI mewah kemungkinan berasa lebih gampang. Tetapi bagaimana untuk ibu yang setiap hari kerja di kantor alias wanita profesi?

Bila kita lihat, banyak ibu-ibu yang notabene-nya kerja, masih dapat memberi ASI ekslusif. Mereka umumnya memompa air susu, selanjutnya disimpan di kulkas untuk stock anak. Dengan demikian, anak tidak akan kekurangan air susu ibu yang penting buat perubahannya.

Pemberian ASI mewah punya faedah baik buat buah hati Anda, salah satunya memberi nutrisi komplet, membuat perlindungan bayi dari kuman atau bakteri, membuat bayi tumbuh sehat serta pintar, menahan malnutrisi serta diare, sampai kurangi efek kanker.

Untuk beberapa ibu yang kerja atau wanita profesi, berikut panduan masih lancar memberi ASI mewah buat anak:

  1. Memompa ASI di Kantor

Menurut hukum Indonesia, Ibu menyusui masih dapat lakukan pekerjaan menyusui, baik bawa anak ke kantor atau memompa ASI waktu di kantor. Ketentuan itu tertuang di Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan.

Namun, kenyataannya jarang-jarang sekali ibu yang bawa bayinya ke kantor untuk untuk menyusui. Jalan salah satu ialah memompa ASI di kantor, contohnya waktu jam istirahat atau sesudah menunaikan beribadah solat buat karyawan muslim. Waktu kerjakan laporan juga dapat memompa ASI.

Anda serta karyawan yang masih menyusui anak, sebenarnya dapat minta pada perusahaan supaya memberi ruangan spesial untuk memompa ASI. Serta minta sarana penyimpanan ASI.

  1. Sediakan ASI Semenjak Malam

Supaya Anda tenang kerja, sekaligus juga masih dapat memberi ASI mewah, Anda bisa mempersiapkan ASI semenjak malam hari. Memompa ASI serta menyimpannya di kulkas untuk keperluan anak keesokan hari. Janganlah lupa bawa peralatan pompa ASI, kotak pendingin dalam tas spesial untuk dibawa ke kantor.

  1. Bikin Agenda Menyusui atau Memompa ASI

Jika kantor batasi hak karyawan masalah ketentuan menyusui, Anda harus membuat agenda untuk lakukan hal itu. Susun agenda serta waktu kapan anak harus disusui atau dikasih ASI mewah. Bila telah, Anda jadi dapat tahu kapan waktunya harus memompa ASI.

Dengan agenda itu, pekerjaan pemberian ASI mewah masih bisa dikerjakan tanpa ada bentrokan dengan jam kerja. Jadi contoh, menyusui anak sebelum pergi ke kantor pada pagi hari. Memompa ASI demikian sampai di kantor untuk jatah siang hari.

Sekarang banyak kok layanan antar jemput atau kurir ASI dari kantor ke rumah. Jadi jangan takut ASI Anda basi, hingga bayi Anda terlantar tanpa ada minum ASI.

Baca : Program Diet & Nutrisi Untuk Ibu Menyusui

  1. Pakai Pompa Elektrik

Umumnya pekerjaan memompa ASI perlu waktu lama. Ditambah lagi jika memakai pompa manual. Supaya bertambah cepat mengisap ASI, pakai pompa ASI elektrik. Janganlah lupa untuk bawa serta charger atau powerbank untuk jaga-jaga baterei habis hingga menghalangi pekerjaan pompa ASI ini.

  1. Simpan ASI di Freezer

ASI butuh disimpan di freezer sesudah dipompa sebelum pergi kerja. Ini dikerjakan supaya kandungan gizi ASI terbangun baik serta masih fresh. Disamping itu, menyimpannya di freezer bisa saja stock atau persediaan anak saat Anda sedang repot kerja. Pengasuh atau baby sitter di dalam rumah bisa memberinya ke anak Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *