Tips Mengatasi HP Terkena Air

Pernahkah waktu sedang asyik bermain HP, tapi tiba–tiba HP kalian terkena air entah ketumpahan air minum, jatuh di bak penampungan air atau terkena air hujan? Jangan buru-buru panik dulu, setidaknya berilah perlindungan pertama bersama cara-cara mengatasi HP terkena air, di www.fakhrurpedia.com kita akan membahas tips mengatasi hp yang terkena air .

Walaupun pasti saja hal itu menyebalkan, ditambah efek yang barangkali keluar seperti hilangnya knowledge dan nomer-nomer telephone penting yang ada di HP kalian.


Tapi sebab karakter air dan perangkat elektronik yang tidak dapat bersahabat hingga kapan pun, pasti saja jatuhnya HP ke air dapat memicu rusaknya hingga memicu mati total.
Jika HP kalian ditambah fitur waterproof, kena air bukan kembali suatu masalah. Tapi lain cerita untuk HP tanpa fitur waterproof.

Beruntungnya, jika rusaknya yang ditimbulkan masih tergolong simple dan masih dapat diperbaiki sendiri sebaiknya kalian coba untuk memperbaikinya. Karena, bersama penanganan yang tepat dan juga cepat barangkali kalian masih dapat menyelamatkannya.


Cara yang dapat kalian coba adalah jangan segera membangkitkan HP. Selain itu, menghindari menggerakan HP secara berlebihan sehingga terhindar dari konsleting. Beberapa langkah selanjutnya dapat kalian coba untuk mengurangi kerugian yang lebih besar.

Berikut penulis dapat memaparkan lebih lengkap langkah mengatasi HP terkena air dan lebih dari satu hal yang tidak boleh ditunaikan jika HP terkena air, semoga hal ini dapat menunjang kalian semua ya.

  1. Matikan Ponsel
    Saat HP kalian terkena air, hal pertama yang kudu kalian melakukan adalah bersama mematikan ponsel.
    Usahakan mematikan ponsel tanpa menyalakan layar, yakni bersama membebaskan baterai HP kalian. Jika HP kalian gunakan baterai tanam kalian tinggal pencet tombol power off hingga HP kalian mati.

Cara mengatasi HP terkena air ini punya tujuan sehingga HP kalian tidak mengalami konslet pada bagian mesin yang terlanjur terkena air, sehingga tidak terjadi rusaknya yang makin parah.

  1. Lepaskan SIM, Memory Card dan Baterai
    Langkah setelah itu yang kudu kalian melakukan jika HP terkena air yakni bersama membebaskan SIM card, memory card dan baterai smartphone dan juga komponen-komponen smartphone lain yang dapat di terlepas bersama mudah.

Selanjutnya letakkan semua komponen diatas kain yang kering. Hal ini punya tujuan untuk mengurangi efek rusaknya yang lebih besar terhadapa HP kalian sebab terkena air.

  1. Keringkan Bagian Luar
    Hal setelah itu yang kudu anda melakukan jika HP mu kena air adalah bersihkan dan mengeringkan bagian luar HP bersama kain kering. Lanjutkan ke bagian yang dapat bersama mudah kalian keringkan.

Saat kalian bersihkan bagian luar usahakan melakukan bersama perlahan, sebab gerakan yang terlalu banyak dapat memicu penyebaran air ke komponan lainnya dan pasti saja sangat mungkin air perihal kemponen yang semestinya tidak terkena air. Sehingga barangkali rusak makin besar.

  1. Jangan Ditiup
    Saat HP kalian terkena air, menghindari meniup sudut-sudut smartphone sebab hal ini dapat memicu air masuk lebih di dalam ke HP kalian dan dapat memicu rusaknya pada HP kalian menjadi lebih besar.

Beruntungnya, jika miliki vacuum cleaner mini kalian dapat gunakan benda selanjutnya untuk menarik keluar air di di dalam HP kalian.

  1. Jangan di Jemur
    Hindari menjemur HP kalian di bawah cahaya matahari, hal ini dikhawatirkan dapat mengakibatkan kerusakan komponen yang ada di dalam HP kalian.
  2. Selamatkan LCD
    Jika HP kalian terkena air, hal pertama yang kudu kalian pastikan keselamatannya adalah LCD, sebab LCD berisi filamen lunak yang tidak tahan pada kelembaban air. Sehingga terlalu rentan untuk rusak dan dapat mengakibatkan flek hitam pada layar LCD kalian.

Sebaiknya keringkan bersama benar dan juga hati-hati sehingga air tidak hingga perihal LCD HP kalian.

  1. Cek Stiker Baterai
    Jika HP kalian terkena air jangan lupa untuk mengecek baterai smartphon kalian.

Terlebih apakah terdapat perubahan warna pada stiker yang melekat pada HP kalian, sebab setiker selanjutnya merupakan indikator vendor untuk meyakinkan apakah garansinya masih berlaku atau tidak.

  1. Gunakan Silica Gel
    Untuk mengeringkan HP kalian yang terkena air kalian dapat gunakan silica gel. Silica gel ini dapat mengeringkan HP kalian bersama menyerap kelembapannya. Selain itu silica gel termasuk dapat mencegah kondensasi atas pengembunan pada perangkat elektronik.

Yang kudu kalian melakukan cuma letakkan HP di tumpukan silica gel dan diamkan sepanjang dua hingga tiga hari. Cara mengatasi HP terkena air yang satu ini tergolong mudah dan efisien lho.

  1. Hindari Menggunakan Hair Dryer
    Hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan HP yang kena air. Hal ini dapat tingkatkan risiko rusaknya pada komponen HP kalian. Karena panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat memicu listrik di di dalam HP kalian menjadi cepat naik suhunya.
  2. Gunakan Kipas
    Cara mengatasi HP terkena air yang satu ini dapat kalian gunakan sebagai alternatif untuk mengeringkan HP yang terkena air, yakni gunakan kipas angin. Meskipun gunakan kipas angin dapat memakan waktu yang lumayan lama tapi langkah ini efisien untuk dicoba.
  3. Rendam Dalam Beras
    Selain gunakan silica gel untuk menunjang mengeringkan HP kalian yang terkena air, kalian dapat coba langkah mengatasi HP terkena air bersama gunakan beras.

Kandungan di dalam beras dapat menyerap kelembaban pada perangkat elektronik bersama terlalu cepat. Kalian tinggal mengubur HP kalian di di dalam beras sepanjang dua hingga tiga hari.

  1. Hindari Kontak Listrik
    Langkah setelah itu yang kudu kalian perhatikan sebelum HP kalian cas, pastikan jika telah tidak ada air kembali didalamnya. Karena karakter air yang tetap bertolak belakang bersama perangkat elektronik dikhawatirkan dapat memicu konslet.
  2. Perhatikan Smartphone Kalian
    Jika HP kalian telah dapat menyala, sebaiknya kalian perhatikan keanehan – keanehan yang barangkali keluar setelah lebih dari satu hari kedepan.

Cara mengeceknya kalian dapat coba lebih dari satu aplikasi yang ada di HP kalian seperti pemutar musik, speaker dan aplikasi yang lain apakah masih terjadi seperti umumnya atau tidak.

  1. Cara Terakhir
    Jika semua langkah mengatasi HP terkena air di atas telah kalian lakukan, coba nyalakan smartphone kalian. Jika HP kalian tetap mati total kena air, maka sebaiknya kalian bawa ke daerah ahlinya yang dapat memperbaiki HP itu.

Karena dapat menjadi rusaknya yang ditimbulkan sebetulnya tergolong parah, sehingga cuma para ahlinya saja yang dapat memperbaiki. Terlebih jika rusaknya disebabkan oleh layar LCD yang terkena air. Maka kalian kudu senang mengeluarkan ongkos servis yang tidak sedikit.


Itulah lebih dari satu langkah yang dapat kalian gunakan jika HP terkena air sehingga terhindar dari HP yang mati secara total. Selain itu sebaiknya kalian tetap waspada jika gunakan HP bersama menghindari penggunaan HP di kawasan penuh air.