Tips dan Trik Membuat Minyak Kelapa Dara (VCO)

trik membuat minyak kelapa dara
Ilustrasi Minyak Kelapa Dara

Trik membuat minyak kelapa dara – Minyak kelapa dara atau biasa disebut virgin coconut oil (VCO) dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak kelapa murni kaya akan lemak jenuh.

Namun, lemak jenuh yang paling umum dalam minyak kelapa murni adalah trigliserida rantai menengah (MCT). Jenis lemak ini akan digunakan langsung oleh hati untuk energi. Minyak kelapa murni juga mengandung asam laurat.

Banyak bahan alami di sekitar kita yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa murni bisa dibuat sendiri untuk memastikan keasliannya. Tahukah Anda bahwa membuat minyak kelapa tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Membuat minyak kelapa sendiri tidaklah sulit. Meski begitu, proses pembuatan minyak kelapa bervariasi. Ada banyak cara untuk membuat minyak kelapa sendiri. Berikut trik membuat minyak kelapa dara, pilih yang paling cocok dengan anda.

Simak artikel menarik selanjutnya Ulasan: Menilik Peluang Bidang Usaha Isi Ulang Isi Ulang Galon

Trik Membuat Minyak Kelapa Dara

Siapapun bisa membuat minyak kelapa di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara yang umum digunakan untuk mendapatkan minyak kelapa dara, yaitu:

Pertama: Merebus Kelapa
Ambil empat gelas air dan panaskan sampai mendidih. Sambil menunggu airnya menguap, haluskan dua kelapa tua. Campur kelapa parut dengan air panas dan aduk hingga rata.

Gunakan saringan yang rapat untuk menyaring air kelapa yang sudah tercampur agar diperoleh santan yang banyak. Setelah santan terkumpul, lanjutkan rebus dengan api sedang.

Lanjutkan mengaduk sampai air mendidih dan menguap, dan mentega kakao terpisah dari minyaknya. Proses ini bisa memakan waktu hingga satu jam. Pastikan Anda tidak berhenti bergerak

Kedua: Menyaring Kelapa
Potong daging kelapa tua menjadi potongan-potongan kecil. Aduk hingga rata, jika perlu tambahkan air agar lebih mudah dan cepat. Saring blender hingga menghasilkan santan.

Tambahkan air berulang-ulang hingga menghasilkan santan yang banyak. Biarkan jus di dalam stoples selama 24 jam untuk memisahkan lapisan santan dan minyak kelapa.

Dinginkan atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat pembentukan dadih. Dadih dikeluarkan dan minyak kelapa murni yang tersisa di toples atau wadah diperoleh.

Ketiga: Mengendapkan kelapanya
Gunakan parutan atau kelapa segar yang dijual di toko-toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil dan keringkan selama sehari di dalam oven kelapa. Masukkan segera ke dalam juicer untuk memisahkan kelapa dan minyak tanpa masalah.

Lanjutkan proses ini sampai semua kelapa telah diproses, ulangi proses ini lagi untuk menghilangkan semua minyak kelapa.
Tuang juicer ke dalam stoples dan biarkan di tempat yang hangat sepanjang hari.

Setelah itu, minyak kelapa akan muncul di permukaan dan lapisan tebal akan mengendap di bagian bawah toples.Untuk mempersiapkan penggunaan minyak kelapa, tempatkan minyak kelapa dalam wadah baru.

Baca Juga Penyulingan Air Laut Dengan Metode Desalinasi RO

Berbagai Manfaat dari Minyak Kelapa Dara – Trik Membuat Minyak Kelapa Dara

Virgin coconut oil (VCO) dibuat dari daging kelapa yang baru diekstraksi. Hasil atau ekstraknya menghasilkan minyak alami yang disebut virgin coconut oil.

Berikut berbagai manfaat VCO bagi kesehatan, antara lain:

1. Mencegah penyakit jantung dan Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan lemak jenuh alami dalam minyak kelapa dara /VCO dapat bekerja untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Selain itu, manfaat VCO lainnya juga mengubah kolesterol jahat (LDL) menjadi kolesterol baik.

Kandungan asam laurat atau monolaurin yang terdapat pada minyak kelapa murni bermanfaat untuk melawan bakteri, mengurangi jamur dan virus. Anda bisa meminum minyak ini 3 kali sehari saat sakit untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Antioksidan yang baik

Polifenol yang terkandung dalam minyak kelapa dara / VCO berfungsi sebagai antioksidan yang membantu dalam mencegah aterosklerosis pada pembuluh darah.

Aterosklerosis adalah pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak lemak pada dinding pembuluh darah. Penumpukan ini menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung.

3. Membantu Menurunkan berat badan

Bagi yang sedang diet, coba konsumsi minyak kelapa murni. minyak kelapa dara / VCO memiliki manfaat untuk menekan nafsu makan karena membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, VCO dapat meningkatkan pembentukan energi dengan membakar lebih banyak kalori.

4. Mencegah kerusakan gigi

Minyak kelapa murni juga efektif membunuh bakteri di mulut. Anda dapat menggunakannya dengan berkumur atau mengoleskan minyak ini di sekitar gigi dan mulut Anda.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Minyak kelapa murni dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit. Minyak ini melawan bakteri berbahaya dalam sistem pencernaan dan membantu tubuh menyerap nutrisi.

6. Membantu mengatasi diabetes

Jika Anda mengkonsumsi VCO, dapat mengontrol kadar gula darah Anda karena meningkatkan sekresi insulin tubuh Anda. Ketika sel menolak insulin, pankreas terus memompa lebih banyak insulin dan menciptakan kelebihan insulin dalam tubuh.

7. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa murni dapat meningkatkan daya ingat pada lansia. Peningkatan kemampuan memori juga dialami oleh semua pasien yang mengonsumsi asam lemak dari minyak kelapa murni.

Baca Juga : Begini Proses Penyulingan Air Laut Dengan Teknologi Sederhana

Manfaat VCO untuk kesehatan kulit

Selain memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, minyak kelapa dara / VCO juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, diantaranya:

1.Melembabkan Kulit – Trik Membuat Minyak Kelapa Dara

Manfaat lain dari minyak kelapa dara / VCO adalah hidrasi kulit. VCO juga memiliki efek antibakteri yang dapat digunakan untuk kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Efek antibakteri ini juga dapat memerangi penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini.

2. Mengatasi jerawat

Terjadinya jerawat dapat dikurangi dengan sifat antibakteri yang terkandung dalam asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa murni ini. Tidak berhenti sampai di situ, peradangan dalam tubuh bisa dikurangi berkat komponen yang terdapat dalam minyak kelapa murni.

3. Membantu menyembuhkan penyembuhan luka

Minyak kelapa minyak kelapa dara juga dapat mempercepat penyembuhan, meningkatkan status antioksidan dan meningkatkan kadar kolagen.

Minyak kelapa dara menghambat produksi senyawa pro-inflamasi dan membantu menyembuhkan luka dan bekas luka. Selain mempromosikan penyembuhan luka, sifat antimikrobanya juga dapat mencegah infeksi.

4. Menghilangkan noda hitam

Vitamin E dalam minyak kelapa murni juga mampu menutupi bekas jerawat, memar dan penuaan dini.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada area yang diinginkan. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Mengangkat sel kulit mati

Minyak kelapa murni ini juga bisa digunakan sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir garam. Kemudian gunakan campuran ini untuk menggosok di kamar mandi.

6. Mencegah stretch mark

Minyak kelapa umumnya digunakan untuk mencegah stretch mark selama kehamilan. Tidak hanya untuk mencegah, jika Anda sudah memiliki stretch mark, oleskan minyak kelapa murni di daerah tersebut, minyak kelapa ini akan membantu menghilangkannya.

Karena penelitian yang menunjukkan manfaat minyak kelapa masih dalam keberlanjutan, disarankan untuk tidak mengandalkan minyak kelapa untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Agar tetap sehat, mohon selalu terapkan pola hidup sehat dalam keseharian Anda.

Artikel selanjutnya jangan sampai terlewatkan Berbagai Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan Kita